Pengantar
Karakteristik kualitatif dari
informasi keuangan yang berguna dibahas dalam bab ini mengidentifikasi jenis
informasi yang mungkin paling berguna kepada kreditur yang ada dan potensial
investor, dan kreditur lainnya untuk membuat keputusan tentang perusahaan
pelapor berdasarkan informasi dalam keuangan laporan (informasi keuangan).
Laporan keuangan memberikan informasi
tentang sumber-sumber ekonomi perusahaan pelapor itu, klaim terhadap entitas
pelaporan, dan efek dari transaksi dan peristiwa lain dan kondisi bahwa
perubahan sumber daya dan klaim. (Informasi ini disebut dalam Kerangka
konseptual sebagai informasi tentang fenomena ekonomi.) Beberapa laporan
keuangan juga termasuk materi penjelasan tentang harapan manajemen dan strategi
untuk entitas pelaporan dan jenis informasi lainnya ke depan. Karakteristik kualitatif fundamental
adalah relevansi dan kewajaran representasi.
Relevansi
Informasi yang relevan keuangan mampu
membuat perbedaan dalam keputusan yang dibuat oleh pengguna. Informasi dapat
mampu membuat perbedaan dalam keputusan bahkan jika beberapa pengguna memilih
untuk tidak mengambil keuntungan dari itu atau sudah menyadari hal itu dari
sumber lain.
Informasi keuangan mampu membuat
perbedaan dalam keputusan jika memiliki nilai prediksi, nilai konfirmatori,
atau keduanya.
-
nilai prediksi :
jika dapat digunakan sebagai masukan bagi proses yang digunakan oleh pengguna
untuk memprediksi hasil masa depan.
-
nilai
konfirmatori : jika itu memberikan umpan balik (menegaskan atau perubahan)
tentang evaluasi sebelumnya.
Materialitas
Informasi bahan baku apabila
menghilangkan atau misstating bisa mempengaruhi keputusan yang membuat pengguna
berdasarkan informasi keuangan suatu entitas pelaporan tertentu. Dengan kata
lain, materialitas adalah entitas-aspek tertentu dari relevansi berdasarkan
sifat atau besarnya atau kedua item yang informasi tersebut berhubungan dalam
konteks laporan keuangan entitas individu. Akibatnya, Dewan tidak dapat
menentukan batas kuantitatif yang seragam untuk materialitas atau mentakdirkan
apa yang bisa menjadi bahan dalam situasi tertentu.
Representasi
Wajar
Laporan keuangan merupakan fenomena
ekonomi dalam kata-kata dan angka. Untuk menjadi berguna, informasi keuangan
tidak hanya harus mewakili fenomena yang relevan, tetapi juga setia harus
mewakili fenomena yang memiliki tujuan untuk mewakili. Untuk menjadi
representasi sempurna setia, penggambaran itu akan memiliki tiga karakteristik.
Ini akan lengkap, netral, dan bebas dari kesalahan. Tentu saja, kesempurnaan
jarang, jika pernah, dicapai. Tujuan Dewan adalah untuk memaksimalkan kualitas
mereka sejauh mungkin.
Representasi wajar tidak berarti akurat
dalam segala hal. Bebas dari kesalahan berarti tidak ada kesalahan atau
kelalaian dalam deskripsi fenomena, dan proses yang digunakan untuk
menghasilkan informasi yang dilaporkan telah dipilih dan diterapkan dengan
tidak ada kesalahan dalam proses. Dalam konteks ini, bebas dari kesalahan tidak
berarti sempurna akurat dalam segala hal. Sebagai contoh, estimasi harga tidak
teramati atau nilai tidak dapat ditentukan untuk menjadi akurat atau tidak
akurat. Namun, representasi dari estimasi yang bisa wajar jika jumlah
dijelaskan dengan jelas dan akurat sebagai perkiraan, sifat dan keterbatasan
dari proses memperkirakan dijelaskan, dan tidak ada kesalahan telah dibuat
dalam memilih dan menerapkan proses yang sesuai untuk mengembangkan estimasi.
Menerapkan
Karakteristik Kualitatif Fundamental
Proses yang paling efisien dan efektif
untuk menerapkan karakteristik kualitatif pokok biasanya adalah sebagai berikut
:
-
Pertama,
mengidentifikasi suatu fenomena ekonomi yang memiliki potensi untuk menjadi
berguna bagi pengguna informasi keuangan entitas pelaporan itu.
-
Kedua,
mengidentifikasi jenis informasi tentang fenomena yang akan paling relevan jika
tersedia dan dapat setia diwakili. Ketiga, menentukan apakah informasi yang
tersedia dan dapat setia diwakili. Jika demikian, proses memenuhi karakteristik
kualitatif mendasar berakhir pada saat itu. Jika tidak, proses ini diulang
dengan jenis yang paling relevan berikutnya informasi.
Komparatif
Komparatif adalah karakteristik
kualitatif yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dan memahami
kesamaan, dan perbedaan antara, item. Berbeda dengan karakteristik kualitatif
lainnya, komparatif tidak berhubungan dengan item tunggal. studi perbandingan
membutuhkan setidaknya dua item.
Verifiability
Verifiability membantu meyakinkan
pengguna bahwa informasi wajar merupakan fenomena ekonomi yang memiliki tujuan
untuk mewakili. Verifiability berarti bahwa pengamat berpengetahuan dan
independen yang berbeda bisa mencapai konsensus, meskipun tidak selalu
perjanjian lengkap, bahwa penggambaran tertentu merupakan representasi wajar.
Verifikasi dapat langsung atau tidak
langsung. Verifikasi langsung berarti memverifikasi jumlah atau representasi
lain melalui pengamatan langsung, misalnya, dengan menghitung uang tunai. Verifikasi
tidak langsung berarti memeriksa masukan ke rumus, model, atau teknik lain dan
menghitung ulang output dengan menggunakan metodologi yang sama.
Ketepatan
waktu
Ketepatan waktu berarti memiliki
informasi yang tersedia untuk pengambil keputusan dalam waktu yang akan mampu
mempengaruhi keputusan mereka. Umumnya, semakin tua informasi tersebut, yang
kurang berguna itu. Namun, beberapa informasi dapat terus tepat waktu lama
setelah akhir periode pelaporan karena, misalnya, beberapa pengguna mungkin
perlu untuk mengidentifikasi dan menilai tren.
Understandability
Mengklasifikasikan, karakterisasi,
dan penyajian informasi secara jelas dan ringkas membuatnya dimengerti.
Comments
Post a Comment