Karakteristik Kualitatif Informasi Keuangan


Hasil gambar untuk Karakteristik Kualitatif Informasi Keuangan


Pengantar
            Karakteristik kualitatif dari informasi keuangan yang berguna dibahas dalam bab ini mengidentifikasi jenis informasi yang mungkin paling berguna kepada kreditur yang ada dan potensial investor, dan kreditur lainnya untuk membuat keputusan tentang perusahaan pelapor berdasarkan informasi dalam keuangan laporan (informasi keuangan).
            Laporan keuangan memberikan informasi tentang sumber-sumber ekonomi perusahaan pelapor itu, klaim terhadap entitas pelaporan, dan efek dari transaksi dan peristiwa lain dan kondisi bahwa perubahan sumber daya dan klaim. (Informasi ini disebut dalam Kerangka konseptual sebagai informasi tentang fenomena ekonomi.) Beberapa laporan keuangan juga termasuk materi penjelasan tentang harapan manajemen dan strategi untuk entitas pelaporan dan jenis informasi lainnya ke depan. Karakteristik kualitatif fundamental adalah relevansi dan kewajaran representasi.
Relevansi
            Informasi yang relevan keuangan mampu membuat perbedaan dalam keputusan yang dibuat oleh pengguna. Informasi dapat mampu membuat perbedaan dalam keputusan bahkan jika beberapa pengguna memilih untuk tidak mengambil keuntungan dari itu atau sudah menyadari hal itu dari sumber lain.
            Informasi keuangan mampu membuat perbedaan dalam keputusan jika memiliki nilai prediksi, nilai konfirmatori, atau keduanya.
-          nilai prediksi : jika dapat digunakan sebagai masukan bagi proses yang digunakan oleh pengguna untuk memprediksi hasil masa depan.
-          nilai konfirmatori : jika itu memberikan umpan balik (menegaskan atau perubahan) tentang evaluasi sebelumnya.
Materialitas
            Informasi bahan baku apabila menghilangkan atau misstating bisa mempengaruhi keputusan yang membuat pengguna berdasarkan informasi keuangan suatu entitas pelaporan tertentu. Dengan kata lain, materialitas adalah entitas-aspek tertentu dari relevansi berdasarkan sifat atau besarnya atau kedua item yang informasi tersebut berhubungan dalam konteks laporan keuangan entitas individu. Akibatnya, Dewan tidak dapat menentukan batas kuantitatif yang seragam untuk materialitas atau mentakdirkan apa yang bisa menjadi bahan dalam situasi tertentu.
Representasi Wajar
            Laporan keuangan merupakan fenomena ekonomi dalam kata-kata dan angka. Untuk menjadi berguna, informasi keuangan tidak hanya harus mewakili fenomena yang relevan, tetapi juga setia harus mewakili fenomena yang memiliki tujuan untuk mewakili. Untuk menjadi representasi sempurna setia, penggambaran itu akan memiliki tiga karakteristik. Ini akan lengkap, netral, dan bebas dari kesalahan. Tentu saja, kesempurnaan jarang, jika pernah, dicapai. Tujuan Dewan adalah untuk memaksimalkan kualitas mereka sejauh mungkin.
            Representasi wajar tidak berarti akurat dalam segala hal. Bebas dari kesalahan berarti tidak ada kesalahan atau kelalaian dalam deskripsi fenomena, dan proses yang digunakan untuk menghasilkan informasi yang dilaporkan telah dipilih dan diterapkan dengan tidak ada kesalahan dalam proses. Dalam konteks ini, bebas dari kesalahan tidak berarti sempurna akurat dalam segala hal. Sebagai contoh, estimasi harga tidak teramati atau nilai tidak dapat ditentukan untuk menjadi akurat atau tidak akurat. Namun, representasi dari estimasi yang bisa wajar jika jumlah dijelaskan dengan jelas dan akurat sebagai perkiraan, sifat dan keterbatasan dari proses memperkirakan dijelaskan, dan tidak ada kesalahan telah dibuat dalam memilih dan menerapkan proses yang sesuai untuk mengembangkan estimasi.
Menerapkan Karakteristik Kualitatif Fundamental
Proses yang paling efisien dan efektif untuk menerapkan karakteristik kualitatif pokok biasanya adalah sebagai berikut :
-          Pertama, mengidentifikasi suatu fenomena ekonomi yang memiliki potensi untuk menjadi berguna bagi pengguna informasi keuangan entitas pelaporan itu.
-          Kedua, mengidentifikasi jenis informasi tentang fenomena yang akan paling relevan jika tersedia dan dapat setia diwakili. Ketiga, menentukan apakah informasi yang tersedia dan dapat setia diwakili. Jika demikian, proses memenuhi karakteristik kualitatif mendasar berakhir pada saat itu. Jika tidak, proses ini diulang dengan jenis yang paling relevan berikutnya informasi.
Komparatif
            Komparatif adalah karakteristik kualitatif yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dan memahami kesamaan, dan perbedaan antara, item. Berbeda dengan karakteristik kualitatif lainnya, komparatif tidak berhubungan dengan item tunggal. studi perbandingan membutuhkan setidaknya dua item.
Verifiability
            Verifiability membantu meyakinkan pengguna bahwa informasi wajar merupakan fenomena ekonomi yang memiliki tujuan untuk mewakili. Verifiability berarti bahwa pengamat berpengetahuan dan independen yang berbeda bisa mencapai konsensus, meskipun tidak selalu perjanjian lengkap, bahwa penggambaran tertentu merupakan representasi wajar.
            Verifikasi dapat langsung atau tidak langsung. Verifikasi langsung berarti memverifikasi jumlah atau representasi lain melalui pengamatan langsung, misalnya, dengan menghitung uang tunai. Verifikasi tidak langsung berarti memeriksa masukan ke rumus, model, atau teknik lain dan menghitung ulang output dengan menggunakan metodologi yang sama.
Ketepatan waktu
            Ketepatan waktu berarti memiliki informasi yang tersedia untuk pengambil keputusan dalam waktu yang akan mampu mempengaruhi keputusan mereka. Umumnya, semakin tua informasi tersebut, yang kurang berguna itu. Namun, beberapa informasi dapat terus tepat waktu lama setelah akhir periode pelaporan karena, misalnya, beberapa pengguna mungkin perlu untuk mengidentifikasi dan menilai tren.
Understandability
            Mengklasifikasikan, karakterisasi, dan penyajian informasi secara jelas dan ringkas membuatnya dimengerti.

Comments