SIMPLY STEAM, CO.:


KASUS 13
SIMPLY STEAM, CO.:
EVALUASI LINGKUNGAN KONTROL INTERNAL

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menyelesaikan dan mendiskusikan kasus ini, anda akan mampu:
  • Mengevaluasi lingkungan kontrol klien audit baru.
  • Memberikan evaluasi awal terhadap komponen lingkungan kontrol klien.
  • Menetapkan penilaian yang dibutuhkan dalam evaluasi lingkungan kontrol internal berdasarkan data wawancara.
  • Memberikan dukungan bagi penilaian kontrol internal.

PENDAHULUAN
Tina adalah manajer dari divisi Business Advisory and Assurance Services dari sebuah perusahaan akuntansi publik nasional. Dia diberi tugas untuk melakukan audit pada Simply Steam, Co. yang sejak dulu memberikan layanan pembersihan karpet industri dan rumah tangga dengan teknik penguapan. Simply Steam tidak pernah diaudit. Karena itu, Tina tidak memiliki file audit tahun-sebelumnya sebagai bahan review. Tina melakukan wawancara dengan Daryl Dosio, yang bersama dengan kakaknya, Phil, menjadi pemilik Simply Steam. Tujuan wawancara Tina adalah menciptakan pemahaman tentang lingkungan kontrol.
          Sebagai persiapan wawancaranya, Tina mereview standar audit profesional. Standar audit (AU 319) menunjukkan bahwa lingkungan kontrol bisa “menentukan nada bagi sebuah organisasi, yang nantinya mempengaruhi kesadaran kontrol di setiap orang di organisasi. Ini adalah pondasi dari semua komponen lain dalam kontrol internal karena ini memberikan disiplin dan struktur”. Standar ini menyatakan bahwa faktor lingkungan kontrol berisi:
  • Nilai integritas dan nilai etika
  • Komitmen ke kompetensi
  • Partisipasi dewan direktur atau komite audit
  • Filosofi dan gaya kerja manajemen
  • Struktur organisasi
  • Pemberian otoritas dan tanggungjawab
  • Kebijakan dan praktek sumberdaya manusia

KEBUTUHAN
Dalam dialog wawancara berikut, anda akan mengevaluasi tujuh komponen dalam lingkungan kontrol klien agar bisa melakukan evaluasi terhadap lingkungan kontrol internal keseluruhan. Untuk membantu melakukan penilaian, sebuah lembar penilaian dipersiapkan untuk memberikan deskripsi detail tentang faktor yang melemahkan atau memperkuat masing-masing tujuh komponen yang mengisi lingkungan kontrol keseluruhan. Sebelum membaca informasi wawancara, kirim beberapa catatan yang mereview penilaian. Setelah membaca dialog, anda akan membuat penilaian yang berlabel “Evaluasi Keseluruhan terhadap Lingkungan Kontrol”. Kecuali bila sudah diberitahukan oleh instruktur, berikan nilai ke efek setiap tujuh komponen terhadap lingkungan kontrol di Simply Steam. Ketika membuat penilaian, mohon lingkari angka yang tepat berdasarkan skala yang tersedia.

WAWANCARA DENGAN KLIEN
Tina   : Daryl, bisakah anda memberikan sedikit informasi tentang latarbelakang Simply Steam?
Daryl   :       Simply Steam memberikan layanan pembersihan karpet rumah tangga dan industri dengan teknik penguapan dan menjual beberapa inventaris, seperti pembersih noda dan pengharum karpet. Perusahaan kami memberikan layanan ini di tiga county, yang mencakup 40 township dalam area populasi padat. Simply Steam dimiliki penuh oleh Phil dan saya.
                   Bisnis kami tumbuh cepat dari hanya satu trailer ditarik mobil menjadi 12 van dengan perlengkapan penuh, dengan masing-masing van bernilai 30 ribu dolar, hanya dalam kurang waktu 6 tahun. Setelah van kedua dibeli, kami punya ide untuk “memajukan teknik penguapan” dengan mengantisipasi berbagai situasi bisnis yang tidak terduga. Kami sepakat dengan ide membeli van baru setiap tahun sampai kami tidak bisa mengoperasikan semuanya. Perusahaan memiliki pendapatan kotor sebesar 1.650.000 dolar di tahun lalu, dan separuhnya berada dalam bentuk kas. Kami merasa kesuksesan ini dipicu oleh “word of mouth” (berita mulut).
Tina   : Bisakah anda menceritakan tentang operasi keseharian?
Daryl : Mr. Day, manajer kantor kami, dan saya bertanggungjawab mengurus tenaga sales kecil yang bisa memberikan estimasi kerja baru. Mr. Day dibayar dengan gaji plus persentase sales total setiap bulan. Kakak saya, Phil, biasanya pergi ke lapangan untuk mengawasi 20 pegawai yang bekerja sebagai pembersih untuk Simply Steam. Phil adalah satu-satunya orang yang membantu saya dalam membuat keputusan manajerial dan operasi, dan bertanggungjawab untuk itu bila Mr. Day atau saya tidak ada.
                   Pekerja sales dibayar berdasarkan komisi, dan menjual pekerjaan domestik dan industri berdasarkan harga standar yang ditetapkan oleh pemilik. Pekerja sales kadang harus menegosiasikan harga potongan khusus selama musim semi dan musim gugur. Meski begitu, itu harus disahkan oleh Mr. Day atau saya. Pekerjaan industri berskala besar biasanya dipesan dulu.
           Komitmen kerja yang ditunjukkan oleh pekerja sales normalnya diberikan ke Mr. Day, yang akan memberikan pengesahan yang akan diberikan lagi ke pekerja sales. Pekerja sales kemudian meneruskan komitmen kerjanya ke satu dari dua pegawai input data untuk pengurusan data lebih lanjut.
                   Komputer memproses setiap komitmen dengan mengatur jumlah pekerjaan dengan didasarkan pada harga standar pada file pricing, atau bila dalam situasi nego, didasarkan pada harga di dokumen input. Penjualan, piutang dagang dan file komitmen akan diupdate, dan faktur akan dibuat. Laporan harga khusus dibuat, dan dikirim ke pekerja sales untuk memastikan bahwa komitmen nego ke pekerjaan telah diproses dengan benar.
                   Mr. Day membuat sendiri sistem sales ini, dan sejauh ini, masih berjalan baik. Dia tidak pernah sempat membaca panduan user untuk sistem tersebut. Saya kadang melihat dia malah merubah sistem itu. Dia mengatakan pada saya bahwa ini akan membuat proses akuntansi menjadi lebih efisien. Saya memintanya untuk mengevaluasi kembali proses tersebut sekali dalam beberapa bulan.
Tina   : Bagaimana dengan departemen akuntansi anda? Seberapa besar itu, dan siapa yang mengawasi proses akuntansinya?
Daryl   :       Departemen akuntansi dari Simply Steam berisi tujuh pegawai part-time, termasuk dua pegawai input data, yang dibayar dengan upah per jam. Tidak satu pun pegawai tersebut memiliki gelar akuntansi, tapi salahsatunya adalah siswa perguruan tinggi yang mengambil jurusan akuntansi. Mr. Day memberikan pelatihan bantuan akuntansi baru ketika mereka direkrut pertama kali. Mereka sudah bersama kami selama beberapa tahun dan pastinya akan keluar setelah mereka lulus. Kami buat mereka sibuk di sini, tapi karena muatan kerjanya besar, setiap orang harus membantu satu sama lain ketika dibutuhkan dan pekerjaan selalu bisa diselesaikan.
Tina   : Apa tanggungjawab kakak anda Phil?
Daryl   :       Phil bertanggungjawab ke hasil pembersihan. Dia biasanya melatih semua pekerja pembersihan baru dan menjelaskan apa yang harus diketahui dan cara melakukan pekerjaan. Ketika dirasa waktunya tepat, rekrutan baru dikelompokkan dengan pekerja berpengalaman dan diberi satu unit truk. Ketika harus membutuhkan bantuan tambahan, Phil membuat iklan di surat kabar. Phil sangat cakap dalam hal itu.
Tina   : Bagaimana dengan turnover pegawai?
Daryl   :       Ini terjadi di setiap waktu di dalam bisnis, tapi Phil bisa menyelesaikannya. Kami menyelesaikan masalah tambahan bantuan dengan membuat kebijakan satu-pintu sehingga jika pegawai memiliki pertanyaan tentang apa yang harus dilakukannya, mereka harus beritahu kita atau meminta bantuan tanpa merasa ganjil. Jika ada sesuatu yang mempengaruhi kerja setiap orang, Phil dan saya membawa masalah tersebut di pertemuan kantor bulan selanjutnya agar setiap orang bisa tahu tentang itu. Phil dan saya memastikan bahwa masalah harus diselesaikan.
Daryl keluar untuk mengumumkan sebuah estimasi dan Tina melanjutkan observasinya.
*************
Beberapa hari kemudian, setelah berbicara dengan staff akuntansi, Tina mengajukan beberapa pertanyaan ke Mr. Day.
Tina       :  Mr. Day, bisakah anda mengklarifikasi observasi saya tentang staff akuntansi?
Mr. Day :  Ya, tentu saja. Apa yang bisa saya bantu?
Tina       :  Saya rasa bahwa staff merasa tidak pasti dengan fungsi yang mereka jalankan. Apakah tanggungjawab kerja sudah didefinisikan dengan jelas?
Mr. Day :  Saat memberikan tanggungjawab kantor, Daryl mengatakan bahwa satu pertimbangan utamanya adalah bahwa pekerjaan harus dilakukan oleh orang yang tersedia ketika pekerjaan harus dilakukan, dan berasumsi bahwa mereka paham dengan tugas dan mampu melakukannya. Ini memang menciptakan overlap antara pekerjaan satu orang dan lainnya. Tapi, pemberian tugas harian dan pengulasan catatan akuntansi setiap hari diberikan ke saya dan saya tidak masalah dengan itu.
Tina       :  Staff berpendapat bahwa mereka sulit mengurus piutang. Apakah anda mengumpulkan kwitansi kas sebelum itu dicatat?
Mr. Day :  Tidak. Kami mengumpulkan semua kwitansi di akhir hari dan mencatatnya semua sekaligus, jadi kami tidak akan melakukannya dua kali. Selain itu, kami selalu menemukan cara untuk menyelesaikan masalah tagihan.
Tina       :  Apakah anda pernah mengalami masalah dalam kebijakan akuntansi?
Mr. Day :  Seringkali, tidak. Saya sejauh ini bisa menyelesaikan masalah kebijakan akuntansi. Daryl sendiri bisa mengatasinya bila dia punya kepentingan di sana.
Tina       :  Terima kasih, Mr. Day. Saya akan bicara dengan Daryl sebelum dia pulang hari ini.

Beberapa bulan kemudian, di kantor Daryl …………
Tina   : Apakah anda puas dengan proses piutang?
Daryl   :       Saya tidak perlu khawatir dengan itu. Mr. Day cakap dengan pekerjaan kantor, kerjanya sistematik dan punya kontrol ke piutang. Selain itu, piutang tersebut ibarat alat keamanan untuk pembaruan pinjaman bank. Bank sendiri telah meminjamkan uang di tahun lalu, dan keputusan pinjamannya sebagian didasarkan pada piutang yang kita catat setiap minggunya. Pinjamannya relatif kecil, dan kontrak yang kami buat mempermudah bank untuk mengakses rekening Simply Steam jika tagihan pinjaman meragukan.
                   Phil dan saya tidak tahu banyak tentang akuntansi dan percaya ke Mr. Day untuk mengurus akuntansi, tapi Phil dan saya adalah orang yang menandatangani cek perusahaan.
Tina   : Salahsatu pegawai akuntansi berpendapat bahwa anda akan merubah sistem akuntansi.
Daryl   :       Sebagai fakta, Mr. Day berniat menggunakan sebuah paket software akuntansi baru yang membuat proses pembukuan menjadi lebih mudah bagi pegawai kantor. Paket ini berisi sistem budgeting yang diyakini Mr. Day bisa mengontrol biaya dan menginterpretasikan area yang butuh perhatian. Sampai sekarang, saya bisa mengawasi pengeluaran berdasarkan berdasarkan intuisi, dan saya tidak pernah melihat perlunya sebuah budget formal. Jika ada sesuatu yang tidak benar, Phil atau saya membawa masalah ini ke pertemuan kantor informal bulanan bersama dengan semua pegawai untuk menyelesaikan masalah ini. Karena bisnis menjadi lebih besar, maka ada kemungkinan bagi kami untuk mengeluarkan uang dan membeli sistem budgeting yang lebih maju.
Tina   : Saya tertarik dengan situasi pengamanan anda. Bagaimana cara anda melindungi catatan akuntansi dan aset fisik?
Daryl   :       Setelah jam kerja, pintu dan jendela kantor dikunci rapat. Tiga orang, Phil, Mr. Day dan saya, memiliki kunci untuk membuka kantor. Sejujurnya, tidak ada kabinet file yang digunakan untuk menyimpan hard copy dari catatan akuntansi, dan disk data selalu dikunci di malam hari. Kami tidak memiliki komputer yang menempel di meja. Kami mengunci semuanya, dan tidak pernah ada masalah sejauh ini.
                   Untuk van, semuanya ditempatkan di area di belakang kantor dan diberi pagar. Setiap sopor diberi kunci pintu pagar sehingga mereka bisa masuk atau keluar untuk kerja. Kami harus melakukan ini karena banyak proses pembersihan komersil dilakukan di saat setelah jam kerja, ketika kantor sudah tutup. Untuk mencegah kecurangan, kami merubah kuncinya dalam waktu tertentu.
Tina   : Saya kira ini sudah bisa digunakan untuk investigasi audit awal. Tapi, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan lagi. Bisakah anda mengatakan apa yang yang membuat Simply Steam sukses?
Daryl   :       Karena Simply Steam menggunakan prosedur pembersihan basis-uap yang terbaru, kita bisa memberikan hasil lebih baik dibanding metode shampoo rotari yang digunakan pesaing kami. Konsumen tinggal menilainya sendiri. Selain itu, Phil dan saya memahami bisnis ini dengan baik, dan kami sangat bangga dengan pekerjaan kami.
Tina   : Memberikan tugas audit ke perusahaan kami adalah sebuah langkah besar. Mengapa anda memutuskan melakukan audit sekarang? Apakah perusahaan anda pernah diaudit sebelumnya?
Daryl   :       Phil dan saya bangga dengan kesuksesan perusahaan kami dan itu membuat kami ingin menjalankan bisnis lain di masa depan. Kami sadar bahwa semakin besar perusahaan dan semakin baik tampilannya, maka semakin banyak peluang di luar sana. Agar bisa meraih itu, kami meminta perusahaan anda bukan hanya memberikan opini tentang laporan finansial kami, tapi juga memberikan tampilan profesional ke laporan finansial kami, sehingga kami bisa berpenampilan terbaik. Kami rasa bahwa laporan finansial yang teraudit akan membuat Simply Steam seperti peduli dengan kebenaran dan itu memberikan kredibilitas bagi perusahaan di mata komunitas bisnis dan perbankan lokal.
                   Kami belum pernah diaudit sebelumnya, tapi kami pernah menggunakan penaksir pajak lokal untuk mengurus hasil pajak sejak Simply Steam memulai bisnis. Kami pernah meminta perusahaan lain, sekitar dua tahun lalu, untuk melakukan audit. Tapi, audit tidak pernah dilakukan. Saya tidak ingat nama perusahaan auditnya, dan Phil dan saya saat itu berpendapat bahwa Simply Steam tidak sanggup membayar ongkosnya. Untungnya, kami siap melakukan audit sekarang.
Tina   : Apakah ada persoalan terkait dengan audit?
Daryl   :       Tidak ada. Saya bangga dengan Simply Steam. Perusahaan, sampai saat ini, tidak pernah menunjukkan kecurangan dan jarang memiliki masalah dengan hutang macet, karena saldo piutang ditagih dalam dua sampai tiga minggu.
Tina   : Simply Steam sepertinya tidak memiliki komite audit, yang kebanyakan anda di organisasi seukuran. Apakah Simply Steam memiliki dewan direktur, dan jika ya, siapa yang melayani dewan dan seberapa aktif dewan dalam mengawasi isu penting di Simply Steam?
Daryl   :       Kami sebenarnya memiliki dewan direktur. Tidak formal memang, tapi Phil, saya dan istrinya menjadi direkturnya. Kami setidaknya melakukan satu pertemuan rutin setiap tahun, dan kami bahkan bertemu di acara lain jika perlu. Phil dan saya paham dengan kejadian di Simply Steam setiap hari. Jadi, tidak perlu melibatkan orang luar dalam dewan. Mungkin, kami akan melakukan itu di beberapa tahun ke depan, jika pertumbuhan kami memungkinkan.
Tina   : Satu pertanyaan terakhir, apakah anda dan kakak anda Phil sudah menetapkan tujuan untuk masa depan?
Daryl   :       Meski kami tidak pernah menulis tujuan atau target untuk Simply Steam, saya sepakat dengan Phil bahwa rencana masa depannya adalah menghasilkan wilayah sales lebih besar, meningkatkan iklan, berinvestasi dengan alat tambahan dan dukungan lebih besar, dan mengambil cuti ke Hawaii. Kami tidak pernah yakin dengan tujuan jangka panjang kami, tapi kami yakin dengan keuntungan yang kami dapat dan itu cukup untuk pensiun dini.


Lembar Evaluasi Lingkungan Kontrol
Simply Steam, Co.
31 Desember 2002



Sangat Melemahkan Kontrol
Tidak Melemahkan Atau Meningkatkan
Sangat Menguatkan Kontrol
1.
Nilai Integritas Dan Etika
Dalam mengevaluasi komponen lingkungan kontrol ini, apakah:
·      ada integritas di pihak manajemen dan pegawai.
1
2
3
4
5
6
7
2.
Komitmen ke Kompetensi
Dalam mengevaluasi komponen lingkungan kontrol ini, apakah:
·      manajemen telah menjelaskan level kompetensi yang dibutuhkan untuk skill tertentu dan menterjemahkan level kompetensi yang diinginkan menjadi pengetahuan dan skill yang dibutuhkan.
·      bukti menunjukkan bahwa pegawai memiliki pengetahuan dan skill yang dibutuhkan.
1
2
3
4
5
6
7
3.
Partisipasi Dewan Direktur atau Komite Audit
Dalam mengevaluasi komponen lingkungan kontrol ini, apakah:
·      sebuah dewan telah ada dan memiliki anggota cukup untuk mengatasi persoalan yang ada.
·      direktur atau anggota komite memiliki pengetahuan, pengalaman industri dan waktu yang cukup untuk bekerja secara efektif.
·      beberapa direktur atau anggota komite adalah independen dari manajemen.
·      frekuensi dan ketepatan waktu saat pertemuan dengan pejabat akuntansi dan auditor eksternal sudah cukup.
·      dewan mengawasi dan mengambil tindakan bila perlu.
1
2
3
4
5
6
7
4.
Filosofi dan Gaya Operasi Manajemen 
Dalam mengevaluasi komponen ini, apakah:
·      resiko bisnis sudah cukup terawasi.
·      manajemen mau mengambil level resiko bisnis yang relatif rendah.
·      manajemen memberikan prioritas tinggi pada kontrol internal.
·      manajemen berusaha mengurangi resiko salah-laporan.
1
2
3
4
5
6
7
5.
Struktur Organisasi
Dalam mengevaluasi komponen ini, apakah:
·      lini otoritas dan tanggungjawab dari organisasi sudah didefinisikan dengan jelas.
·      kebijakan operasi ditentukan secara sentral oleh manajemen  manajemen senior.
·      kebijakan dan prosedur transaksi ditetapkan dengan jelas dan diikuti dengan patuh.
·      organisasi memiliki struktur dengan kompleksitas dan ukuran yang cukup.
·      manajemen aktif terlibat dalam pengawasan pengolahan data.
1
2
3
4
5
6
7
6.
Penetapan Otoritas dan Tanggungjawab
Dalam mengevaluasi komponen ini, apakah:
·      kebijakan yang tepat bagi praktek bisnis, konflik kepentingan dan tatacara kerja sudah ditetapkan dan diberitahukan ke pegawai.
·      ada penentuan tanggungjawab dan delegasi otoritas yang jelas untuk tujuan dan target, fungsi operasi, dan kebutuhan regulasi.
·      tanggungjawab kerja dan kewajiban pegawai sudah ditetapkan dan diberitahukan.
·      dokumentasi sistem komputer menunjukkan prosedur untuk menjalankan transaksi dan untuk mengesahkan perubahan sistem.
·      kebijakan dan prosedur pengolahan data telah didokumentasikan secara cukup. 
1
2
3
4
5
6
7
7.
Kebijakan dan Prosedur Sumberdaya Manusia
Dalam mengevaluasi komponen ini, apakah:
·      pegawai memiliki latarbelakang dan pengalaman yang dibutuhkan untuk kewajiban kerja.
·      pegawai paham dengan kewajiban dan prosedur yang ada di pekerjaan.
·      organisasi membutuhkan pelatihan yang cukup bagi personel baru.
·      muatan kerja personel akuntansi membuatnya bisa mengontrol kualitas kerja mereka sendiri.
·      tingkat turnover personel akuntansi adalah rendah.
·      tingkat turnover personel non-akuntansi adalah rendah. 
1
2
3
4
5
6
7

Evaluasi Keseluruhan Lingkungan Kontrol: Berdasarkan semua bukti yang didapat dari wawancara, lingkari angka yang paling merepresentasikan penilaian anda tentang lingkungan kontrol di Simply Steam:

Lingkungan kontrol yang sangat lemah
Lingkungan kontrol lemah
Lingkungan kontrol intermediate
Lingkungan kontrol kuat
Lingkungan kontrol sangat kuat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Berikan beberapa informasi yang mempengaruhi keputusan anda:
………………….


Comments