TECHNOLOGY : A GLOBAL ECONOMIC AND SOCIAL FORCE


TECHNOLOGY : A GLOBAL ECONOMIC AND SOCIAL FORCE
            Technologi merupakan suatu alat perekonomian yang tak diragukan lagi dan juga sebagai kekuata sosial di dunia kita. Komunikasi global, bisnis exchange, dan mempermudah pekerjaan menjadikan hidup kita secara signifikan dipengaruhi oleh technology.  Baik ketika kita di rumah, di sekolah, atau di kantor, munculnya inovasi dari technlogy telah mengubah secra dramatis bagaimana kita hidup, bermain, belajar, bekerja, dan berinteraksi dengan yang lain. Yang menyertai perubahan dramatis ini dalam komunitas global kita adalah efek yang mendalam bagi individual, pengusaha, dan lingkungan, meningkatkan permasalahan sosial dan etika yang penting.
Ledakan kekuatan Tekhnology
Sepanjang sejarah tehnologi telah menjadi ledakan kekuatan, memberikan pengaruh yang besar pada ummat manusia, bisnis dan dunia hampir tidak mungkin membendung kemunculan tehnologi maju, seperti yang terlihat munculnya technologi  nano.
            Tehnologi akan terus berkembang karena ulah manusia sendiri, manusia telah measakan buah dari ilmu pengetahuan, manusia terlihat seperti tak pernah puas akan hal itu. Manusia akan selalu berusaha untuk mengembangka pengetahuan untuk lingkungan mereka, mungkin karena semangat untuk belajar dan kepercayaan mereka bahwa lebih banyak pengetahuan akan dapat membantu untuk lebih beradaptasi dengan lingkungan.
Technology Defined
            Teknologi adalah sebuah istilah luas mengacu pada pengetahuan dan penggunaan alat-alat kemanusiaan dan kerajinan. Fitur yang dominan adalah perubahan tekhnologi dan perubahan yang lebih maju, sepperti contoh nanotechnology telah membawa banyak perubahan tentang hal-hal baru yang bisa memberikan kejutan dimasa depan, dimana perubahan terjadi begitu cepat dan hampir hampir mencapai batas toleransi manusi dan orang-orang kehilnagn kemampuan untuk mengatasinya, meskipun bukan hanya tekhnologi yang menyebabkan perubahand alam masyarakat tapi hal ini baik secara langsung maupun todak langsung terlibat dalam perubahan yang terjadi di masyarakat
Fase teknologi di masyarakat
Trck,
level
Phase in the dev, of technology
Approximate
period
aktivitiy
Primary skill used
1
Nomidac –agrarian
Until 1650
Harvesting
Manual
2
Agrarian
1650-1900
Planting and harvesting
Manual
3
Industrial
1900-1960
Building material goods
Manual and machine
4
Service
1960-1975
Provinding services
Manual & intelectual
5
information
1975-today
Thingking and designing
Intelectual & lectronic

Fueling Teehnological Growth
            Ledakan pertumbuhan tekhnologi yang dinamis di dokumentasiokan ddengan bagaiman bisnis bisa bareoprasi dan orang-orang bisa hidup, hal yang mendasari ledakan 2 faktro penting ini adalah : Faktor pertama yang memicu pertumbuhan teknologi adalah pertumbuhan ekonomi dan productivit pekerja, Faktor kedua mendorong pertumbuhan teknologi adalah penelitian dan pengembangan (R & D).

Munculnya Bisnis bertekhnologi tinggi
 Teknologi dan bisnis telah terjalin sejak Revolusi Industri. Hubungan antara kedua menjadi lebih kuat di era informasi, terutama dengan munculnya pertukaran bisnis elektronik. Teknologi mempengaruhi setiap aspek dari pasar global, mendorong inovasi, mempengaruhi kemitraan, dan mengubah kepentingan bisnis dari stakeholder, banyak dari inovasi tersebut telah meningkatkan pertukaran bisnis, sementara tantangan sosial dan etika  juga sering muncul karena hal tersebut.

Tekhnologi dan E-commerce
Selama fase era informasi dari perkembangan tekhnologi, bisnis dengan menggunakan media elektronik muncul sebagai kekuatan ekonomi global dan kekuatan sosial, pertukaran bisnis dengan menggunakan medai elektronik umumnya disebut sebagai e-commerce, terdiri dari membeli dan menjual barang dan jasa secara elektronik melalui internet. Kini tekhnologi semakin terjangkau dan semakin mudah penggunaannya, usaha kecil dan menengah memilih berinvestasi kedalam sistem tekhnologi e-commerce.

Technology “ supperpowers”
             Pada tahun 2006, sebuah group kecil tapi kuat dari negara adidaya teknologi superkuat mengendalikan banyak pintu masuk ke internet. berikut 10 web terpopuler untuk pengguna global :
·        Yahoo
·        Microsoft
·        MSN
·        Google
·        Aol
·        eBay
·        MapQuest
·        Amazon
·        Real
·        Myspeace

INTERNET
            semakin banyak orang lebih memilih akses technologi dari pada sebelumnya. Masyarakat di negara-negara berkembangsemakin menikmati aplikasi kekuata energi untuk hiburan, individu dan bisnis dan sebagai alat komunikasi. Masyarakat dan bisnis di negara-negara maju seperti di Amerika utara, eropa, dan Asia semakin tergantung pada perangkat komunikas elektronik untuk mengakses informasi dan melakukan transaksi bisnis. Dalam lingkungan kerja saat ini, hampir semua manajer di Amerika menggunakan komputer desktop, mesin fax, mesin penjawab, voice mail, dan telepon seluler, perangkat tekhnologi seperti ini telah menjadi alat umum.
Kemunculan Internet
Salah satu inovasi yang mampu memuaskan tekhnologi yang paling terlihat dan banyak digunakan beberapa tahun belakangan adalah internet, internet adalah jaringan komunikasi elektornik global yang menghubungkan individu dan organisasi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk megirim dan menerima surat elektronik (e-mail) . estimasi penggunaan internet pada tahun 2005 menurut Almanak Industri komputer memperkirakan 1, 08 milyar pengguna di seluruh dunia.
Blog dan Vlog
Pada tahun2006, revolusi blogging telah berjalan sekitar lima tahun dan banyak yang percaya bahwa blogging telah keluar dari kontrol. Blogs, web-based jurnal atau log, telah terkenal secara meluas, menurut Tecknorati, Inc. Perusahan pelacak blog menyatakan bahwa telah lebih dari 35 juta blog pada tahun 2006. Technorati melaporkan bahwa blgosphere berganda sebanyak lima kali setiap satu setengah bulan. Rata-rata sebuah blog web baru diciptakan setiap detiknya. Kebanyakan blog yang tersedia dengan RSS feed. RSS singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary, tergantung pada sumbernya. RSS memungkinkan pengguna berlangganan untuk dikembangkan.
Spam
            Permasalahan dari internet tidak hanya datang dari blog tapi juga serangan dari spam. Spam mengacu pada email yang tidak dinginkan yang dikirim dalam jumlah besar ke acoount email yang valid. Pesan ini dapat   sangat berbahaya berisi iklan pruduk komersil yang biasanya berisi oeniouan keuangan.
Keuntungan Sosial Untuk Penggunaat Technology
            Tekhnologi  telah bisa dugunakan untuk meningkatkan kualitas dari kehidupan kita. Bagaiman kita bisa berkomunikasi dengan yang lain, memperkenalkan usaha, mempelajari sesuat yang baru, dan mendapatakan informasi dari technologi.     

Comments