1.
Judul Penelitian
“Measuring the Success of Activity-Based Cost Management and Its Determinants”. Judul penelitian sangat tepat karena judul yang baik menurut Sekaran (2005) adalah judul yang singkat dan memudahkan pembaca memahami maksud penelitian.
Nama Penulis dan Tahun
Penulis : George Foster dan
Dan W. Swenson
Tahun : 1997
Publikasi : Journal
of Management Accounting Research, Volume 9
2.
Tujuan
Penelitian
Penelitian ini menguji pengaruh
dari penggunaan pendekatan alternatif untuk mengukur keberhasilan manajemen
biaya berdasarkan aktivitas dalam model pengujian penentu
keberhasilan ABCM. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan klasifikasi priori dan pendekatan
analisis factor.
Penelitian
ini sudah memiliki tujuan yang jelas dan dapat diidentifikasi, hal tersebut sesuai dengan
yang disampaikan Sekaran (2003) yang
menyebutkan bahwa, penelitian ilmiah adalah penelitian yang memiliki beberapa
karakteristik yaitu tujuan yang jelas, ketepatan, dapat uji, dapat ditiru, dan
objektivitas, dan bisa menjelaskan fenomena sehingga dapat diverifikasi dengan teori
yang ada.
3.
Latar
Belakang
Dua model dari faktor-faktor
penentu keberhasilan ABCM diperiksa oleh Shields (1995) dan Shields dan Young
(1989). Kekuatan penjelas dari kedua model ini sangat dipengaruhi oleh pilihan
ukuran keberhasilan. Sebagai contoh, hasil pengukuran keberhasilan tidak
terpakai sebelumnya lebih dari 50 persen peningkatan dalam kekuatan penjelas
dari hasil yang dipublikasikan. Pengukuran
keberhasilan berbasis luas (terutama yang menggabungkan rincian tentang
bagaimana data ABCM digunakan dalam pengambilan keputusan) menghasilkan
kekuatan penjelas tertinggi.
Menurut Shields (1995,153-154), menyediakan definisi [keberhasilan ABC]
menjadi masalah karena
literatur tidak jelas tentang apa yang merupakan keberhasilan, dan diskusi
dengan para ahli ABC selama konstruksi survei tidak menghasilkan konsensus
tentang definisi yang nyata. Sebagai contoh, keberhasilan dapat meliputi
manajemen puncak tidak menolak hal itu, sebuah implementasi dari ABC, penggunaan informasi ABC oleh non
accountants, memperoleh keunggulan kompetitif dan memberikan keuntungan
tambahan. Dengan demikian, pendekatan yang [kita] diadopsi adalah membiarkan
responden menilai
keberhasilan dengan definisi apapun
yang dia dianggap relevan. Penelitian di masa
depan dapat mencoba untuk mendaftarkan
berbagai definisi atau jenis keberhasilan.
Menurut McGowan dan Klammer (1997,20), variabel dependen didasarkan pada skala
item tunggal yang mewakili kepuasan partisipan
dengan implementasi ABCM. Sebuah ukuran item tunggal yang sangat kasar dan
tidak dapat mencerminkan semua varians implisit dalam membangun. Ada kebutuhan untuk pekerjaan
tambahan diarahkan membangun proxy beberapa item yang dapat diandalkan untuk
implementasi membangun.
Review & Analisis
Sekaran (2003) menegaskan bahwa isu dari riset perlu
diidentifikasikan dengan jelas. Latar belakang permasalahan merupakan gejala
(Sympton) dari permasalahan yang akan diteliti. Latar belakang permasalahan
menjelaskan timbulnya isu atau topik yang akan diteliti yang dijelaskan dalam
suatu kriteria kontek sehingga riset yang diteliti menjadi riset yang menarik. Isu
dan latar belakang dalam jurnal yang dikaji dapat mencerminkan gejala dan
penyebab mengapa permasalahan dalam penelitian tersebut terjadi meskipun tidak
dijelaskan secara detail dan hanya menggunakan isu-isu yang bersifat umum,
namun hal tersebut di rasa cukup memberikan gambaran mengapa penelitian ini
dilakukan.
4.
Tinjauan
Literatur
Alternative ABCM Success Measures
Setidaknya empat jenis apriori dari ukuran
dapat dibedakan:
1. SM-U.
Pengukuran berdasarkan pada penggunaan informasi ABCM dalam pengambilan
keputusan. Ukuran ini mengasumsikan bahwa penggunaan lebih luas informasi ABCM,
semakin keberhasilan implementasi. Contohnya termasuk Cotton (1993), Lukka dan
Granlund (1994), Innes dan Mitchell (1995) dan Krumwiede (1997).
2. SM-DA.
Pengukuran berdasarkan tindakan keputusan yang diambil dengan informasi ABCM.
Menggunakan ukuran ini, ketika sebuah implementasi ABCM menyebabkan perubahan
dalam pengambilan keputusan, hal ini dipandang sebagai keberhasilan, ketika
tidak menyebabkan adanya perubahan dalam pengambilan keputusan, hal itu
dipandang sebagai tidak keberhasilan. Innes dan Mitchell (1995) menggunakan
ukuran ini.
3. SM-$I.
Pengukuran berdasarkan pada perbaikan dolar yang dihasilkan dari ABCM. Ukuran
ini mencerminkan baik perkiraan ringkasan manajemen, atau perbandingan
eksplisit pendapatan dolar dan biaya dengan dan tanpa ABCM. Mungkin ada dimensi
waktu untuk ini mengukur keberhasilan jika ada penundaan antara saat ABCM
diimplementasikan dan ketika perbaikan dolar menjadi jelas. Contohnya termasuk
Shields (1995) dan Krumwiede (1997).
4. SM-ME.
Pengukuran berdasarkan pada evaluasi manajemen untuk keseluruhan keberhasilan
ABCM. Ukuran ini biasanya didasarkan pada definisi yang tidak dispesifikasi bagaimana
keberhasilan harus ditafsirkan. Contohnya termasuk Shields (1995), Swenson
(1995) dan Mc Gowan dan Klammer (1997).
Masing-masing
penelitian di atas menggunakan baik sebuah pertanyaan tunggal atau gabungan pertanyaan untuk mengembangkan ukuran keberhasilan
ABCM. Tanggapan dari 55
pertanyaan digunakan untuk menghitung empat ukuran keberhasilan apriori untuk 166 situs
ABCM. Sebuah alternatif untuk kategorisasi
priori dari empat ukuran
keberhasilan adalah untuk menggunakan
analisis faktor dari 55 pertanyaan individu.
Measuring ABCM Success
Determinants
Beberapa
pendekatan telah digunakan untuk memandu variabel diduga menjadi faktor penentu
keberhasilan ABCM:
1. Dipandu
oleh kerangka konseptual atau teori dari disiplin terkait. Sebagai contoh,
Shields dan Young (1989) menyajikan model perilaku untuk menerapkan sistem
manajemen biaya di mana tujuh faktor yang diidentifikasi yang mempengaruhi
keberhasilan - budaya, kontrol, juara, proses perubahan, komitmen, kompensasi,
dan pendidikan berkelanjutan. Argyris dan Kaplan (1994) memanfaatkan perubahan literatur
manajemen untuk mengidentifikasi variabel yang terkait dengan pendidikan,
sponsor dan keselarasan insentif. Gosselin (1997) menggunakan struktur
organisasi dan literatur inovasi untuk memeriksa keputusan oleh perusahaan
untuk "mengadopsi dan menerapkan" ABCM.
2. Dipandu
oleh observasi lapangan. Sebagai contoh, Cooper et al. (1992) menyimpulkan
bahwa berdasarkan penelitian mereka dari delapan implementasi, sponsor
manajemen puncak adalah penentu
kunci keberhasilan.
3. Dipandu
oleh keteraturan empiris dalam penelitian. Sebagai contoh, Shields (1995) menggunakan
langkah-bijak regresi untuk melihat mana lima dari 17 variabel implementasi yang terbaik menjelaskan keberhasilan
ABCM.
Mengukur faktor penentu
keberhasilan individu dapat dilakukan dengan tanggapan terhadap pertanyaan
individual atau gabungan berdasarkan tanggapan atas dua atau lebih pertanyaan.
Review & Analisis
Tinjauan literature merupakan penyajian yang jelas dan
logis mengenai karya penelitian yang relevan yang dilakukan sejauh ini dalam
bidang investigasi (Sekaran, 2003).
Menurut saya tinjauan literature yang disajikan dalam penelitian ini cukup baik
untuk menyediakan dasar untuk menyusun kerangka teoretis yang komprehensif di
mana hipotesis dapat dibuat untuk diuji karena cukup banyak literature yang
relevan telah disebutkan dalam sub bab ini.
Saran
Banyak literature baik yang sudah dipublikasikan ataupun
non publikasi yang tersedia mengenai topic persoalan, dari literature yang
telah disebutkan di atas, banyak yang dikumpulkan dari jurnal-jurnal yang
relevan, saran saya, mungkin literature yang sudah ada perlu ditambah dengan
literature yang dikumpulkan dari buku-buku.
5.
Rumusan
Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk menguji
pengaruh
dari penggunaan pendekatan alternatif untuk mengukur keberhasilan manajemen
biaya berdasarkan aktivitas dalam model pengujian penentu
keberhasilan ABCM.
Review & Analisis
Untuk menentukan
permasalahan bukanlah hal yang mudah, karena peneliti harus bisa membedakan
mana masalah dan mana dampak dari masalah. Sebuah pernyataan masalah yang baik
berbentuk jelas, tepat dan ringkas terkait isu tertentu yang diharapkan
peneliti akan dilakukan investigasi. Dalam jurnal perumusan masalah tidak
dijabarkan secara gamblang dalam latar belakang permasalahan, namun pembaca
dapat menebak alur permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, karena dalam
tiap paragraf disajikan secara jelas, tepat, dan ringkas terkait isu yang akan
diteliti.
6.
Penyusunan Hipotesis
Review & Analisis
Hipotesis adalah
prediksi tentang fenomena atau dugaan yang akan diuji kebenarannya dengan fakta
yang ada dalam suatu penelitian (Jogiyanto, 2004). Hipotesis perlu dikembangkan
dengan menggunakan teori yang relevan atau dengan logika dan hasil-hasil
penelitian sebelumnya, hipotesis dikembangkan dengan maksud supaya tujuan dari
riset untuk menerima hipotesisnya dapat tercapai dengan kemungkinan yang besar.
Dalam penelitian ini tidak menyebutkan hipotesis yang diuji.
7.
Pengukuran dan Definisi
Operasional Variabel
Success Measure of ABCM Information Use (SM-U)
Ukuran keberhasilan ini didasarkan
pada tiga kategori pertanyaan yang berkaitan dengan menggunakan pengambilan
keputusan:
a) Keputusan
penggunaan sistem ABCM saat ini. Responden diminta untuk menilai sistem ABCM
saat ini dibandingkan dengan sistem manajemen biaya sebelumnya pada penggunaan informasi dalam 14 wilayah
keputusan khusus yang tercantum dalam tampilan 1. Skala lima poin adalah:
sangat baik (5), baik (4), rata-rata (3), adil (2) dan miskin (1). Ada juga
kategori "tidak berlaku". Tampilan 1 menunjukkan peringkat dari
penggunaan keputusan ABCM pada tiga ukran.
Skor rata-rata digunakan dalam kolom (2) bobot respon yang sangat baik sebagai
5, baik sebagai 4, rata-rata 3, adil sebagai 2 dan miskin sebagai 1. Keputusan
menggunakan tiga dengan ukuran ini adalah:
·
mengidentifikasi peluang untuk perbaikan,
·
keputusan manajemen produk, dan
·
mengemudi proses perbaikan keputusan.
b) Frekuensi
dari 12 area bisnis fungsional menggunakan informasi ABCM untuk membuat
keputusan. Skala lima poin adalah: digunakan sepanjang waktu (5), sebagian
besar waktu (4), setengah dari waktu (3), kadang-kadang (2), dan tidak pernah
(1). Disajikan dalam tampilan 2 panel
A.
c) Frekuensi
dari lima kelompok manajer menggunakan informasi ABCM untuk membuat keputusan.
Skala lima poin adalah: digunakan sepanjang waktu (5), sebagian besar waktu
(4), setengah dari waktu (3), kadang-kadang (2), dan tidak pernah (1). Disajikan dalam tampilan 2 panel A.
Success Measure of Decision Actions Taken (SM-DA)
Responden survei diminta
untuk menunjukkan signifikansi perubahan yang dibuat sebagai hasil dari
pelaksanaan situs ABCM. Skala lima poin adalah: sangat signifikan (5),
signifikan (4), sedang (3), minor (2), dan tidak ada perubahan (1). Tampilan 3
menyajikan hasil ringkasan untuk 11 wilayah keputusan. Daerah dengan perubahan
terbesar yang dilakukan adalah proses, strategi harga, bagian komponen dan
fokus strategis.
Success Measure of Dollar Improvements (SM-$I)
Survei meminta tanggapan
kualitatif pada perbaikan dolar menggunakan skala lima poin: perbaikan dolar
yang signifikan (5), perbaikan dolar yang luas (4), perbaikan moderat dolar
(3), perbaikan beberapa dolar (2), dan tidak ada perbaikan dolar (1). Ringkasan
data dalam tampilan 4. Tiga bidang - profitabilitas produk/jasa, manufaktur/produksi,
dan dukungan biaya overhead – dilaporkan perbaikan
dolar memiliki jumlah yang paling besar
yang
dihasilkan dari pelaksanaan situs ABCM.
Success Measure Based on
Management Evaluation (SM-ME)
Responden diminta untuk
menunjukkan "seberapa berhasilnya"
enam kelompok manajemen yang berbeda "menganggap upaya ABCM Anda."
Enam kelompok: manajemen senior, manajer operasional, manajer departemen,
supervisor / pemimpin tim, personil garis dan juara ABCM. Skala lima poin
adalah: sangat sangat berhasil
(5), sangat berhasil (4), cukup berhasil (3), belum tertampilan (2), dan kegagalan
lengkap (1). Tampilan 5 menunjukkan hasil dengan menggunakan format yang sama
seperti dilaporkan dalam tampilan 1 sampai 4.
Review & Analisis
Pengukuran adalah
pemberian nilai properti suatu objek. Objek merupakan suatu entitas yang akan
diteliti. Properti dapat berupa properti fisik, psikologi, dan sosial.
pengoperasionalan konsep adalah menjelaskan karakteristik dari objek properti
ke dalam elemen-elemen yang dapat diobservasi yang menyebabkan konsep dapat
rasional. Skala adalah suatu instrumen atau mekanisme untuk membedakan individu
dalam hal terkait variabel minat yang kita pelajari. Ada empat tipe skala
dasar: nominal, ordinal, interval, dan rasio.
8.
Metodologi Penelitian
Penelitian ini mengidentifikasi fakta atau peristiwa
sebagai variable yang dipengaruhi dan melakukan penyelidikan terhadap
variable-variabel yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan database yang dikembangkan
oleh American Productivy and Quality Center (APQC) dan The Consortium for
Advanced Manufacturing International (CAM-I).
Populasi
dan Sampel Penelitian
Populasi dalam
penelitian ini adalah semua perusahaan yang mempunyai situs ABCM. Populasi terbatas pada 750 perusahaan
yang memiliki situs ABCM potensial. Dari semua kuesioner yang dikirim, yang bisa digunakan 166 kuesioner
dari 132 perusahaan, sehingga sampel yang digunakan berjumlah 132.
Jenis
Data
Sumber
data yang digunakan peneliti adalah data primer. Data primer mengacu pada data
yang diperoleh dari tangan pertama oleh peneliti yang
berkaitan dengan variabel minat untuk tujuan spesifik studi (Sekaran, 2003). Dalam penelitian ini, data primer diperoleh dari angket/kuesioner
yang diisi oleh personel dalam suatu perusahaan yang
dijadikan subjek penelitian oleh penulis. Selain itu, peneliti juga melakukan pengamatan secara
langsung.
Teknik
Pengumpulan Data
Peneliti
dalam mengedarkan kuesioner menggunakan sistem mail survey. Mail survei dipilih karena memudahkan
peneliti dalam mengumpulkan data dan memungkinkan peneliti untuk survei sampel acak besar
dari populasi di biaya
yang relatif
rendah.
9.
Hasil Penelitian
A Priori Success Measures and ABCM Success Determinants
Shields (1995)
Model
Penelitian Shields (1995) memberikan
tampilan ekstensif tentang penentu keberhasilan ABCM didasarkan pada dua ukuran
keberhasilan, SM-$I dan SM-ME. Masing-masing dari lima variabel independen yang
signifikan dilaporkan dalam penelitian itu sebagai penentu keberhasilan ABCM
didasarkan pada respon terhadap pertanyaan tunggal. Kelima variabel tersebut:
1.
Dukungan manajemen puncak
2.
Pelaksanaan pelatihan
3.
Link ke evaluasi kinerja / kompensasi
4.
Link ke inisiatif kualitas
5. Kecukupan sumber daya
Alternative
Measures of Dependent and Independent Variables
Dua cara memperluas desain penelitian di Shields
(1995) sekarang diperiksa:
a)
Menggunakan gabungan dari pertanyaan individu untuk
menghitung variabel independen sebagai lawan menggunakan pertanyaan tunggal untuk
setiap variabel independen. Lampiran A (bagian I) daftar pertanyaan yang
digunakan untuk menghitung variabel independen berbasis gabungan.
b) Menggunakan gabungan dari SM-$I, SM-ME, SM-U, dan SM-DA untuk mengukur keberhasilan variabel dependen sebagai lawan SM-$I atau SM-ME. Masing-masing dari empat ukuran adalah tertimbang sama ketika menghitung gabungan ini.
Additional
Variables Affecting ABCM Success
Tampilan 8 melaporkan hasil dari menambahkan salah
satu atau kedua dari dua variabel untuk model regresi lima variabel dalam tampilan
7. Satu penjelasan untuk signifikansi jumlah
variabel aplikasi utama adalah bahwa aplikasi lebih membawa manfaat yang lebih
besar dari ABCM. Penjelasan alternatif adalah bahwa hanya implementasi keberhasilan
yang meningkatkan jumlah aplikasi dari waktu ke waktu.
Penjelasan alternatif
memprediksi koefisien positif pada peningkatan aplikasi utama dari variabel
waktu. Penjelasan alternatif juga ada untuk signifikansi
dari waktu penggunaan variabel.
Salah satu penjelasan adalah bahwa semakin lama waktu penggunaan, semakin besar jumlah
manfaat dan manfaat ini mulai muncul dalam jangka waktu yang relatif singkat
setelah penggunaan
dimulai. Untuk menyelidiki penjelasan alternatif, kita menggunakan pendekatan
variabel dummy (0 jika waktu rata-rata situs-di-gunakan adalah 1 tahun atau
kurang dan 1 lainnya).
Research Design
Issues
Hasil yang dilaporkan
dalam tampilan 6 sampai 8 mewakili regresi lainnya. Masalah desain tambahan
diperiksa adalah:
1. Kesimpulan
tentang pentingnya ukuran
keberhasilan individu ABCM dalam tampilan 6 sampai 8 tidak terpengaruh oleh
pengelompokan 166 survei ke 83 pertama kembali dan 83 terakhir kembali.
2. Kesimpulan
tentang pentingnya ukuran
keberhasilan individu ABCM dalam tampilan 6 sampai 8 adalah sama untuk set
lengkap 166survei dan untuk 130 survei
dari personil keuangan / akuntansi. 36
survei lainnya datang
terutama dari manajer operasi. Dengan hanya 36 pengamatan, tingkat signifikansi
untuk variabel independen individu berkurang.
Misalnya, hasil untuk kolom (5) dari tampilan 8 untuk 36 sampel survei adalah: R2 disesuaikan untuk
survei sampel 36
adalah 0,86 dibandingkan
dengan 0,64 untuk sampel survei 130 keuangan
/ akuntansi responden.
3. Ukuran
keberhasilan gabungan dihitung dengan bobot yang sama empat ukuran keberhasilan apriori. Sebuah pembobotan
alternatif adalah sama berat 55 pertanyaan
yang mendasari empat ukuran priori.
Pembobotan ini menghasilkan hasil yang
sangat mirip. Sebagai contoh, R2 yang disesuaikan adalah 0,73 dibandingkan dengan 0,71 untuk model dalam
kolom (5) dari tampilan 8.
Shields dan Young (1989) menyajikan
sebuah model "Tujuh C"
untuk menerapkan sistem manajemen biaya.
Tujuh faktor penentu keberhasilan diusulkan sebagai model adalah budaya, kontrol, juara, proses
perubahan, komitmen, kompensasi dan pendidikan berkelanjutan. Sementara pemilihan dari 17 variabel
yang digunakan dalam Shields (1995)
dipengaruhi oleh "Model Tujuh Cs," seleksi
variabel final dipandu
oleh ukuran-bijaksana regresi.
Tampilan 9 menunjukkan hasil untuk
model Cs Tujuh menggunakan ukuran keberhasilan alternative. Hasil tampilan 9 dengan ukuran
keberhasilan alternatif mirip dengan tampilan 7. Memperluas ukuran keberhasilan di luar SM-$ I atau
SM-ME memasukkan SM-U
dan SM-DA meningkatkan kekuatan penjelas dari model penentu keberhasilan ABCM.
Hasil
regresi dalam tampilan 9 menyoroti bagaimana tes
dari model Shields dan Young
(1989) yang dipengaruhi
oleh pilihan ukuran
keberhasilan ABM. Model dengan kekuatan penjelas tertinggi dalam tampilan 9 menggunakan ukuran
keberhasilan berdasarkan luas (berdasarkan 55
pertanyaan yang mencakup empat kategori).
Analisis
faktor merupakan cara
alternatif mengembangkan ukuran keberhasilan ABCM. Berbeda dengan kelompok apriori, analisis faktor bergantung pada
korelasi empiris dalam
database yang sedang diperiksa untuk
mengidentifikasi ukuran keberhasilan. Tampilan 10 menguraikan empat faktor yang kami menggunakan
rotasi varimax mengidentifikasi.
Lampiran B rincian pertanyaan individu yang mendasari empat faktor. Empat faktor itu adalah:
• Faktor 1: Kegunakan Keputusan
• Faktor 2: Produk / pelanggan
aplikasi
• Faktor 3: Fungsi / manajer
aplikasi
• Faktor 4: persepsi kelompok
keberhasilan Manajer
Korelasi tertinggi (baik 0,89) adalah antara faktor
menggunakan pengambilan keputusan
(F1) dan penggunaan keputusan mengukur (SM-U) dan antara faktor aplikasi fungsi
/ manajer (F3) dan menggunakan ukuran keputusan (SM-U).
Tampilan 11 melaporkan hasil untuk model penentu keberhasilan ABCM yang diperiksa dalam kolom (5) dari tampilan 8. Kolom (2)
sampai (5) dari tampilan 11 melaporkan
hasil ketika
masing-masing dari empat faktor berbasis ukuran
keberhasilan secara terpisah digunakan sebagai variabel
dependen. Kolom (6) memiliki gabungan dari empat faktor (sama tertimbang)
sebagai variabel dependen.
Hasil memperkuat mereka yang
sebelumnya dilaporkan dalam makalah ini. Perhatikan
peningkatan R2 yang disesuaikan ketika mengukur keberhasilan yang lebih luas
berbasis gabungan digunakan sebagai variabel dependen:
Tampilan 11 melaporkan hasil untuk model Cs Tujuh. Agregasi menemukan bahwa
peningkatan R2 yang disesuaikan dengan ukuran
keberhasilan yang lebih luas berbasis ABCM juga memegang untuk Model
Shields dan Young (1989):
Mirip dengan
kolom 7 tampilan 9, semua variabel di kolom 6 tampilan 12 dberkoefisien positif
dengan empat dari tujuh C dengan level signifikan 0.05.
Hasil penelitian dijelaskan dengan cukup baik, hasil angka statistik dan output yang mendukung memperkuat penyampaian tingkat signifikansi dari hipotesis yang dibangun.
Review & Analisis
Laporan penelitian yang baik menggambarkan kejelasan,
keringkasan, koherensi, tekanan yang tepat pada aspek penting, susunan paragraf
yang berarti, transisi yang lancar dari satu topik ke topik yang lain, pilihan
kata yang cocok, dan kekhususan. Laporan harus disusun sedemikian rupa agar
meningkatkan pemaknaan dan kelancaran alur materi, sehingga pembaca bisa dengan
mudah memahaminya.
Secara
umum penelitian ini sudah mengikuti kaidah-kaidah penelitian ilmiah yang baik. Penelitian ini mencoba untuk memberikan beberapa wawasan ke dalam "ABC paradoks". Meskipun fakta bahwa akademisi dan
akuntan manajemen telah menunjukkan
banyak kepentingan untuk ABC selama sepuluh tahun terakhir, survei menunjukkan bahwa
proses difusi untuk ABC belum kuat. Ini adalah
peran peneliti akuntan manajemen untuk
menyelidiki faktor-faktor yang mungkin
mempengaruhi keputusan
manajemen untuk mengadopsi dan menerapkan pendekatan aktivitas manajemen seperti
ABC.
Comments
Post a Comment