Berkenalan dengan Public Expenditure and Financial Accountability (PEFA)

Program Public Expenditure and Financial Accountability (PEFA) menyediakan suatu kerangka kerja untuk penilaian dan pelaporan kekuatan dan kelemahan Manajemen Keuangan Publik (MKP) dengan menggunakan indikator kuantitatif untuk mengukur kinerja. PEFA dirancang untuk memberikan suatu gambaran mengenai kinerja MKP pada titik-titik spesifik secara tepat waktu menggunakan suatu metodologi yang dapat direplikasi dalam penilaian-penilaian selanjutnya, memberikan suatu ringkasan mengenai perubahan-perubahan dari waktu ke waktu. Kerangka kerja PEFA meliputi sebuah laporan yang memberikan suatu tinjauan umum sistem MKP dan pengukuran berbasis bukti yang dibandingkan terhadap 31 indikator kinerja. Kerangka kerja ini juga memberikan suatu penilaian terhadap implikasi yang ada terhadap kinerja sistem secara keseluruhan dan hasil manajemen keuangan publik yang diharapkan. Kerangka kerja ini memberikan suatu fondasi untuk perencanaan reformasi, dialog mengenai strategi dan prioritas, serta pengawasan kemajuan.

PEFA merupakan suatu alat yang membantu pemerintah mencapai pengembangan yang berkelanjutan dalam praktek MKP dengan memberikan suatu alat untuk mengukur dan memonitor kinerja dibandingkan terhadap serangkaian indikator lintas institusi, sistem, dan proses manajemen keuangan publik yang penting. Metodologi PEFA berasal dari standar-standar internasional dan praktek terbaik dalam aspek-aspek penting MKP, sebagaima diidentifikasikan oleh praktisi yang berpengalaman. PEFA menggabungkan suatu laporan kinerja MKP untuk pemerintahan yang menyajikan indikator berbasis bukti dan menganalisa hasil berdasarkan pada bukti yang ada. PEFA menekankan pada suatu pendekatan yang digerakkan oleh negara dan penyelarasan pemangku kepentingan dalam tujuan-tujuan bersama.

Laporan PEFA menjabarkan lingkungan perekonomian yang dihadapi oleh sektor publik, memeriksa sifat strategi dan perencanaan berbasis kebijakan, dan menganalisa bagaimana keputusan anggaran diterapkan. Penilaian PEFA memeriksa pengendalian yang digunakan oleh pemerintah untuk memastikan bahwa sumber daya diperoleh dan digunakan sebagaimana mestinya. PEFA memberikan suatu kerangka kerja untuk penilaian terhadap transparansi dan akuntabilitas dalm hal akses terhadap informasi, pelaporan dan audit, serta dialog mengenai kebijakan dan tindakan MKP. PEFA mempertimbangkan institusi, UU, peraturan dan standar-standar yang digunakan oleh pemerintah dalam proses MKP. PEFA juga memeriksa hasil-hasil dari pengoperasian MKP di bidang-bidang kunci seperti hasil anggaran, efektifitas pengendalian, dan ketepatan waktu pelaporan dan audit.

Pemerintahan menggunakan PEFA untuk mendapatkan suatu gambaran mengenai kinerja MKP mereka sendiri. PEFA menawarkan suatu basis bersama untuk memeriksa kinerja MKP di seluruh pemerintahan level nasional dan subnasional. Selain pemerintahan, pengguna PEFA lainnya adalah organisasi masyarakat sipil dan institusi pengembangan internasional. PEFA memberikan skor dan laporan yang memungkinkan semua pengguna untuk mendapatkan gambaran cepat mengenai kekuatan dan kelemahan sistem MKP suatu negara. Pengguna juga melihat implikasinya terhadap seluruh hasil kinerja untuk tujuan-tujuan utama disiplin fiskal, alokasi sumber daya strategis, dan penyampaian layanan yang efisien. Oleh karena itu, analisis PEFA berkontribusi terhadap dialog kebutuhan dan prioritas reformasi MKP.

Selain panduan terhadap analisis dan pelaporan, program PEFA memberikan dukungan, pengawasan, dan analisis terhadap penilaian PEFA. Sekretariat PEFA menawarkan advis tak berbayar mengenai penggunaan PEFA sebagai salah satu dari banyak sumber informasi untuk memeriksa dan meningkatkan kinerja MKP. Dokumen Kerangka Kerja PEFA 2016 ini memberikan suatu tinjauan umum mengenai fitur-fitur utama dari kerangka kerja penilaian kinerja PEFA, termasuk cakupan kerangka kerja, metodologi dasar untuk mengukur kinerja MKP, dan sebuah penjabaran isi laporan PEFA. Panduan yang lebih rinci untuk pemerintahan, manajer proyek, asesor, dan para pengguna laporan PEFA disediakan dalam website PEFA website: www.pefa.org. Informasi tambahan mengenai pengaturan untuk transisi dari versi 2011, hal-hal spesifik terkait penilaian pemerintahan subnasional, dan juga informasi lain juga tersedia dalam website tersebut.


Sumber: http://www.pefa.org/what-pefa

Comments