Pengumpulan Data Penelitian

Hasil gambar untuk pengumpulan data penelitian
Sumer: Internet
Salah satu elemen penting dari proses penelitan adalah pengumplan data. Data bisa diperoleh dari berbagai sumber. Data bisa diperoleh  dari sumber primer atau sekunder.  Data primer mengacu pada informasi yang diperoleh dari yang pertama oleh peneliti yang berkaitan dengan variabel minat untuk tujuan spesifik studi. Data sekunder mengacu pada informasi yang dikumpulkan dari sumber yang telah ada.  Beberapa contoh sumber data primer (primary data) adalah responden individu, kelompok fokus, dan panel yang secara khusus ditentukan oleh peneliti dan di mana pendapat bisa dicari terkait persoalan tertentu dari waktu ke waktu, atau sumber umum seperti majalah atau buku tua. Internet juga dapat menjadi sumber data primer jika koesioner disebarkan melalui internet.
Data juga bisa diperoleh dari sumber sekunder (seconderay sources), misalnya catatan atau dokumentasi perusahaan, publikasi pemerintah, analisis industri oleh media, situs web, internet, dan seterusnya. Dalam beberapa kasus, lingkungan atau situasi dan peristiwa khusus pun dapat menjadi sumber data, contohnya, mempelajari tata ruang sebuah pabrik.
·         Sumber Data Primer
-           Focus Group.  Focus group biasanya terdiri dari 8 hingga 10 anggora dengan seorang moderator yang memimpin diskusi selama kira-kira 2 jam mengenai suatu topik, konsep, atau produk tertentu. Anggotanya biasanya dipilih berdasarkan keahlian mereka dalam topik yang perlu digali informasinya. Adapun sifat data yang dapat diperloeh dalam kelompok ini bersifat kualitatif. Kelompok  biasanya digunakan untuk :
a.      Studi eksploratif
b.      Membuat generalisasi berdasarkan informasi yang dihasilkan olehnya
c.       Mengadakan survai sampel.
-          Panel. Panel, seperti halnya focus group, merupakan sumber informasi primer untuk tujuan penelitian. Sementara kelompok fokus bertemu untuk satu sesi kelompok satu-kali, panel (anggota) bertemu lebih dari sekali. Dalam kasus di mana pengaruh intervensi atau perubahan tertentu perlu dipelajari selama suatu priode waktu, studi panel sangat berguna. Individu dipilih secara acak sebagai anggota panel untuk sebuah tujuan penelitian.  Beberapa contoh panel yang bisa dipakai dalam penelitian pemasaran meliputi National Purchase Diary, National Family Opinion, dan Consumer Mail Panel.
Panel bisa statis (static), yaitu anggota yang sama berada dalam panel selama priode waktu yang diperpanjang atau dinamis (dynamic), yaitu anggota panel berganti dari waktu ke waktu saat berbagai fase studi sedang berlangsung. Panel bisa statis atau dinamis, dan biasa digunakan jika beberapa aspek dari suatu produk perlu dipelajari dari waktu kewaktu.
-          Ukuran Umum. Ukuran jejak (treace measure), atau juga dikenal sebagai ukuran umum (yang tidak langsung tampak-unobtrusive), berasal dari sumber primer yang tidak melibatkan orang.
·         Sumber Data Sekunder
Data sekunder sangat diperluan untuk kebanyakan penelitian organisasi. Data sekunder mengacu pada informasi yang dikumpulkan oleh seseorang, dan bukan peneliti yang melaku studi mutakhir. Data tersebut bisa merupakan internal atau eksternal organisasi dan diakses melalui internet, penelusuran dokumen, atau publikasi informasi.


 Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data merupakan bagian integral dari desain penelitian. Metode pengumpulan data bisa delakukan dengan cara berikut :
1.      Wawancara. Salah satu metode pengumpulan data adalah mewawancarai responden untuk memperoleh informasi mengenai isu yang diteliti, dan dilakukan tatap muka secara langsung, melalui telpon, atau online. Wawancara bisa dilakukan dengn terstruktur dan tidak terstruktru.
2.      Kuesioner. Kuesioner adalah daftar pertanyaan tertulis yang telah dirumuskan sebelumnya yang akan responden jawab, biasanya dalam  alternatif yang didefinisikan dengan jelas. Kuesioner merupakan suatu mekanisme pengumpulan data  yang efisien jika peneliti mengetahui dengan tepat apa yang diperlukan dan bagaimana mengukur variabel penelitian. Kuesioner dapat diberikan secara pribadi, disuratkan kepada responden, atau disebarkan secara elektronik.
3.      Metode pengumpulan data lainnya
-          Survei Observasi (observasional surveys). Yakni proses peroleh data tampa melakukan wawancara atau kuisoner, melainkan hanya dengan melakukan pengamatan terhadap berbagai hal seperti lingkungan kerja, situasi lab, atau aktivitas serta prilaku informan yang dicatat atau direkam.
-          Pengamat nonpartisipan (nonparticipant-observer). Melakukan pengamatan secara mendalam tampa terlibat secara langsung dalam suatu aktifitas yang akan diteleti tersebut.
-          Pengamat partisipan (participan-observer). Tidak seperti metode diatas, dalam kasus ini peneliti ikut serta terlibat atau memasuki organisasi atau lingkungan penelitian.


Daftar Pustaka
Sekaran Uma jilid 2 (2006) . Research Methods for Business . Salemba Empat Jakarta
Sigit Soehardi (1999). Pengantar Metodologi Penelitian Sosia-Bisnis-Manajemen.Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawijaya. Yokyakarta 1999

http://navelmangelep.wordpress.com/2011/12/30/variabel-variabel-dalam-penelitian/#more-653

Comments