Sumer: Internet |
Data juga bisa
diperoleh dari sumber sekunder (seconderay sources), misalnya catatan
atau dokumentasi perusahaan, publikasi pemerintah, analisis industri oleh
media, situs web, internet, dan seterusnya. Dalam beberapa kasus, lingkungan
atau situasi dan peristiwa khusus pun dapat menjadi sumber data, contohnya,
mempelajari tata ruang sebuah pabrik.
·
Sumber Data Primer
-
Focus Group. Focus
group biasanya terdiri dari 8 hingga 10 anggora dengan seorang moderator
yang memimpin diskusi selama kira-kira 2 jam mengenai suatu topik, konsep, atau
produk tertentu. Anggotanya biasanya dipilih berdasarkan keahlian mereka dalam
topik yang perlu digali informasinya. Adapun sifat data yang dapat diperloeh
dalam kelompok ini bersifat kualitatif. Kelompok biasanya digunakan untuk :
a. Studi eksploratif
b. Membuat generalisasi
berdasarkan informasi yang dihasilkan olehnya
c. Mengadakan survai sampel.
-
Panel. Panel, seperti halnya focus group, merupakan sumber
informasi primer untuk tujuan penelitian. Sementara kelompok fokus bertemu
untuk satu sesi kelompok satu-kali, panel (anggota) bertemu lebih dari sekali.
Dalam kasus di mana pengaruh intervensi atau perubahan tertentu perlu
dipelajari selama suatu priode waktu, studi panel sangat berguna. Individu
dipilih secara acak sebagai anggota panel untuk sebuah tujuan penelitian. Beberapa contoh panel yang bisa dipakai dalam
penelitian pemasaran meliputi National Purchase Diary, National Family Opinion,
dan Consumer Mail Panel.
Panel
bisa statis (static), yaitu anggota yang sama berada dalam panel selama priode
waktu yang diperpanjang atau dinamis (dynamic), yaitu anggota panel
berganti dari waktu ke waktu saat berbagai fase studi sedang berlangsung. Panel
bisa statis atau dinamis, dan biasa digunakan jika beberapa aspek dari suatu
produk perlu dipelajari dari waktu kewaktu.
-
Ukuran Umum. Ukuran jejak (treace measure), atau juga dikenal sebagai
ukuran umum (yang tidak langsung tampak-unobtrusive), berasal dari sumber
primer yang tidak melibatkan orang.
·
Sumber Data Sekunder
Data sekunder sangat diperluan untuk
kebanyakan penelitian organisasi. Data sekunder mengacu pada informasi yang
dikumpulkan oleh seseorang, dan bukan peneliti yang melaku studi mutakhir. Data
tersebut bisa merupakan internal atau eksternal organisasi dan diakses melalui
internet, penelusuran dokumen, atau publikasi informasi.
Metode Pengumpulan Data
Metode Pengumpulan Data
Metode
pengumpulan data merupakan bagian integral dari desain penelitian. Metode
pengumpulan data bisa delakukan dengan cara berikut :
1.
Wawancara. Salah satu metode pengumpulan data adalah
mewawancarai responden untuk memperoleh informasi mengenai isu yang diteliti, dan
dilakukan tatap muka secara langsung, melalui telpon, atau online. Wawancara
bisa dilakukan dengn terstruktur dan tidak terstruktru.
2.
Kuesioner. Kuesioner adalah daftar pertanyaan tertulis yang
telah dirumuskan sebelumnya yang akan responden jawab, biasanya dalam alternatif yang didefinisikan dengan jelas.
Kuesioner merupakan suatu mekanisme pengumpulan data yang efisien jika peneliti mengetahui dengan
tepat apa yang diperlukan dan bagaimana mengukur variabel penelitian. Kuesioner
dapat diberikan secara pribadi, disuratkan kepada responden, atau disebarkan
secara elektronik.
3.
Metode pengumpulan data lainnya
-
Survei Observasi (observasional surveys). Yakni proses
peroleh data tampa melakukan wawancara atau kuisoner, melainkan hanya dengan
melakukan pengamatan terhadap berbagai hal seperti lingkungan kerja, situasi
lab, atau aktivitas serta prilaku informan yang dicatat atau direkam.
-
Pengamat nonpartisipan (nonparticipant-observer). Melakukan
pengamatan secara mendalam tampa terlibat secara langsung dalam suatu aktifitas
yang akan diteleti tersebut.
-
Pengamat partisipan (participan-observer). Tidak seperti
metode diatas, dalam kasus ini peneliti ikut serta terlibat atau memasuki
organisasi atau lingkungan penelitian.
Daftar
Pustaka
Sekaran
Uma jilid 2 (2006) . Research Methods for Business . Salemba Empat Jakarta
Sigit
Soehardi (1999). Pengantar Metodologi Penelitian
Sosia-Bisnis-Manajemen.Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawijaya. Yokyakarta
1999
http://navelmangelep.wordpress.com/2011/12/30/variabel-variabel-dalam-penelitian/#more-653
Comments
Post a Comment