KONSEKUENSI EKONOMI DAN TEORY AKUNTANSI POSITIF


KONSEKUENSI EKONOMI DAN TEORY AKUNTANSI POSITIF
1.      Konsep Konsekuensi
Economic consequences adalah salah satu konsep yang menegaskan (selain teory efisiensi market hipotesis) dimana pilihan kebijakan akuntansi  akan mempengaruhi nilai perusahaan  (scott, 2007). Terutama gagasan dari Economic consequences mengenai kebijakan akuntansi yang dipilih perusahaan, dan mengapa perusahaan memilih mengubah kebijakan akuntansinya. Hal ini tentu memberikan dampak tersendiri bagi perusahaan, manajer, kreditor dan pengguna informasi lainnya.
Salah satu bagian yang paling persuasif dari konsekuensi ekonomi ada dalam artikel Stepen Zeff (1978) dengan judul "The Rise of Economic Consequences". Pertanyaan dasar yang muncul pada artikel itu masih relevan hingga kini. Zef mendefinisikan konsekuensi ekononomi sebagai "dampak laporan akuntansi pada perilaku pembuatan keputusan pada bisnis, pemerintah dan kreditor". Esensi dari definisi tersebut adalah bahwa laporan akuntansi dapat mempengaruhi keputusan riil yang dibuat oleh manajer (atau pihak lain), daripada secara sederhana mencerminkan hasil dari keputusan tersebut. Zeff mendokumentasikan beberapa contoh dimana bisnis, asosiasi industri, dan pemerintah berusaha untuk mempengaruhi atau telah mempengaruhi standar akuntansi yang dibuat oleh Accounting Principle Board (pendahulu FASB) dan pendahulunya The Committee on Accounting Procedure.
"Intervensi pihak ketiga" ini, seperti yang disebut oleh Zeff, memperumit penyusunan standar akuntansi. Jika kebijakan akuntansi tidak penting, pemilihan kebijakan tersebut akan dilakukan secara ketat antara badan pembuat standar akuntansi, dan audior yang tugasnya mengimplementasikan standar, karena mereka adalah bagian utama yang terlibat dalam pemilihan kebijakan akuntansi. Jika hanya bagian ini yang terlibat, model akuntansi yang sederhana berdasarkan konsep yang telah diketahui sekarang seperti penyeimbangan biaya dan pendapatan, realisasi, dan konservatisme, dapat diterapkan dengan baik dengan asumsi tak ada satupun dari orang-orang yang berkepentingan dalam akuntansi terlibat dalam pemilihan kebijakan yang akan digunakan.. selengkapnya

Comments

  1. đồng tâm
    game mu
    cho thuê nhà trọ
    cho thuê phòng trọ
    nhac san cuc manh
    số điện thoại tư vấn pháp luật miễn phí
    văn phòng luật
    tổng đài tư vấn pháp luật
    dịch vụ thành lập công ty trọn gói

    Mau mau đi xem thôi, vừa xuất hiện một thằng điên cỡ cóc thầy thuốc tâm thần nào dám nhận đang mở cửa hàng!
    Vèo một cái là phía ngoài Thiên Binh Các đã nhanh chóng tụ tập một nhóm lớn dân chúng vô công rỗi nghề tới xem náo nhiệt. Dù sao cũng đang nhàn rỗi, đến xem thằng ngốc này mua vui cũng không tệ đấy chứ.

    Bất quá mọi người cũng có chút kỳ quái, thằng này điên thì cũng điên vừa thôi chứ… khoe của mua vui thì khoe ở chỗ mẹ nào chả được? Cần cóc gì cứ nhất định phải đi tới cái con đường phồn hoa nhất trong Hoàng thành nơi Thiết Vân thành này làm trò chứ? Đầu óc thằng này không phải toàn nước lã đi sao? Bất quá nếu hắn ngu như vậy... thì moi bạc ở đâu ra mà mở cửa hàng chỗ này hả?

    Sở đại lão bản ngồi vắt chân chữ ngũ (五), trên quầy trước mặt hắn tới một thanh thần binh lợi khí cũng không có mà chỉ đặt một ly trà thơm đang bốc hương nghi ngút. Hơi nóng quyện với hương trà từ trong chén uốn lượn tỏa ra khắp căn phòng. Mà Sở lão đại cũng đang nhàn rỗi không có việc gì làm ngồi nhìn làn khói mịn bốc lên từ chén trà mà tưởng tượng ra các hình thù thú vị… cũng rất ra dáng đang trầm tư suy nghĩ...

    ReplyDelete

Post a Comment