Lembar Evaluasi Lingkungan Kontrol
Simply Steam, Co.
31 Desember 2002
Sangat Melemahkan
Kontrol
|
Tidak
Melemahkan Atau Meningkatkan
|
Sangat
Menguatkan Kontrol
|
||||||
1.
|
Nilai Integritas Dan
Etika
Dalam mengevaluasi
komponen lingkungan kontrol ini, apakah:
· ada integritas di pihak
manajemen dan pegawai.
|
1
|
2
X
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.
|
Komitmen ke Kompetensi
Dalam mengevaluasi
komponen lingkungan kontrol ini, apakah:
· manajemen telah
menjelaskan level kompetensi yang dibutuhkan untuk skill tertentu dan
menterjemahkan level kompetensi yang diinginkan menjadi pengetahuan dan skill
yang dibutuhkan.
· bukti menunjukkan bahwa
pegawai memiliki pengetahuan dan skill yang dibutuhkan.
|
1
X |
2
X |
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.
|
Partisipasi Dewan
Direktur atau Komite Audit
Dalam mengevaluasi
komponen lingkungan kontrol ini, apakah:
· sebuah dewan telah ada dan
memiliki anggota cukup untuk mengatasi persoalan yang ada.
· direktur atau anggota
komite memiliki pengetahuan, pengalaman industri dan waktu yang cukup untuk
bekerja secara efektif.
· beberapa direktur atau
anggota komite adalah independen dari manajemen.
· frekuensi dan ketepatan
waktu saat pertemuan dengan pejabat akuntansi dan auditor eksternal sudah
cukup.
· dewan mengawasi dan
mengambil tindakan bila perlu.
|
1
X X |
2
X |
3
X X |
4
|
5
|
6
|
7
|
4.
|
Filosofi dan Gaya Operasi
Manajemen
Dalam mengevaluasi
komponen ini, apakah:
· resiko bisnis sudah
cukup terawasi.
· manajemen mau mengambil
level resiko bisnis yang relatif rendah.
· manajemen memberikan
prioritas tinggi pada kontrol internal.
· manajemen berusaha
mengurangi resiko salah-laporan.
|
1
X |
2
|
3
X X |
4
X |
5
|
6
|
7
|
5.
|
Struktur Organisasi
Dalam mengevaluasi
komponen ini, apakah:
· lini otoritas dan
tanggungjawab dari organisasi sudah didefinisikan dengan jelas.
· kebijakan operasi
ditentukan secara sentral oleh manajemen
manajemen senior.
· kebijakan dan prosedur
transaksi ditetapkan dengan jelas dan diikuti dengan patuh.
· organisasi memiliki
struktur dengan kompleksitas dan ukuran yang cukup.
· manajemen aktif
terlibat dalam pengawasan pengolahan data.
|
1
X X |
2
X |
3
|
4
X |
5
|
6
X |
7
|
6.
|
Penetapan Otoritas dan
Tanggungjawab
Dalam mengevaluasi
komponen ini, apakah:
· kebijakan yang tepat
bagi praktek bisnis, konflik kepentingan dan tatacara kerja sudah ditetapkan dan
diberitahukan ke pegawai.
· ada penentuan
tanggungjawab dan delegasi otoritas yang jelas untuk tujuan dan target,
fungsi operasi, dan kebutuhan regulasi.
· tanggungjawab kerja dan
kewajiban pegawai sudah ditetapkan dan diberitahukan.
· dokumentasi sistem komputer
menunjukkan prosedur untuk menjalankan transaksi dan untuk mengesahkan
perubahan sistem.
· kebijakan dan prosedur
pengolahan data telah didokumentasikan secara cukup.
|
1
|
2
X X X X |
3
X |
4
|
5
|
6
|
7
|
7.
|
Kebijakan dan Prosedur
Sumberdaya Manusia
Dalam mengevaluasi
komponen ini, apakah:
· pegawai memiliki
latarbelakang dan pengalaman yang dibutuhkan untuk kewajiban kerja.
· pegawai paham dengan
kewajiban dan prosedur yang ada di pekerjaan.
· organisasi membutuhkan
pelatihan yang cukup bagi personel baru.
· muatan kerja personel
akuntansi membuatnya bisa mengontrol kualitas kerja mereka sendiri.
· tingkat turnover
personel akuntansi adalah rendah.
· tingkat turnover
personel non-akuntansi adalah rendah.
|
1
X X |
2
X |
3
X |
4
X |
5
|
6
|
7
|
Evaluasi Keseluruhan
Lingkungan Kontrol: Berdasarkan semua bukti yang didapat dari wawancara,
lingkari angka yang paling merepresentasikan penilaian anda tentang lingkungan
kontrol di Simply Steam:
Lingkungan kontrol yang sangat lemah
|
Lingkungan
kontrol lemah
|
Lingkungan
kontrol intermediate
|
Lingkungan
kontrol kuat
|
Lingkungan
kontrol sangat kuat
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Pemahaman Lingkungan Bisnis Klien
Sebelum mengambil keputusan tentang evaluasi lingkungan control
perusahaan, sebaiknya terlebih dahulu untuk menjelaskan atau mendeskripsikan
secara ringkas mengenai lingkungan bisnis SIMPLY
STEAM, CO. Perusahaan ini dikelola atau masih berhaluan perusahana keluarga (family
busines), terlihat dari manajemen pengelolaannya yang di pegang dan di manej
sepenuhnya oleh Phill dan saudaranya. Perusahaan ini bergerak dibidang
pelayanan pembersihan
karpet rumah tangga dan industry dengan teknik penguapan dan selain itu juga
menjual beberapa inventaris seperti pembersih noda dan pengharum karpet.
Melihat dari tradrecord dari perusahaan ini, bisa dikatakan perkembangan dari
perusahaan tergolong sangat pesat dilihat dari omset perusahan yang terus
tumbuh dari tahun ke tahun dan juga jangkauan wilayah perusahaan telah mencapai
40 kota di tiga Negara bagian.
Adapun orang-orang yang
terlibat dalam perusahaan ini bisa dilihat di bawah ini :
1.
Phill : pemilik perusahaan (saudaranya Dharyl) dan
juga bertanggunjawab terhadap pengawasan 20 pegawai di lapangan, pembuat
keputusan manajerian dan operasi, melatih tenaga kerja baru, dan juga melakukan
rekruitmen tenaga kerja
2.
Dharyl : pemilik
perusahaan ( saudaranya Phill ), pembuat keputusan manajerial dan operasi
3.
Mr. Day : manajer
kantor bertanggungjawab mengurus tenaga sales, mengatur system akuntansi dan
penggajian sales
4.
Pekerja sales
5.
Pegawai partime :
mengurus bagian akuntansi
6.
Dewan direksi :
Dharyl, Phill dan istrinya
Evaluasi
Lingkungan Kontrol
Secara keseluruhan perusahaan Simple Steam. CO
ini bisa dikategorikan perusahaan yang cukup berhasil dalam bidang ini,
disebabkan karena kreatifitas dan inovasi pemilik dan manajemen perusahaan
dalam menjalankan bisnis ini. terlihat dari ide-ide baru yang inovatif yang
digunakan untuk terus memenangkan persaingan dalam bisnis. Tapi seperti halnya
perusahaan-perusahaan lain yang baru berkembang, apa lagi sebelumnya belum
pernah di audit untuk tujuan tertentu, masih banyak hal yang harus dibenahi dan
dijadikan perhatian utama pihak manajemen dan pemilik perusahaan. Setelah
melakukan audit dan melihat dari hasil wawancara dengan beberapa orang diatas
maka auditor menyimpulkan bahwa lingkungan kontrol perusahaan ini masih sangat
lemah disebabkan beberapa alasan dibawah ini :
-
Tidak ada tanggungjawab
dan pembagian fungsi yang jelas pada departemen akuntansi
-
Masalah terhadap
pengelolaan kartu piutang memudahkan untuk dilakukan kecurangan terhadap
piutang
-
Penggunaan system
akuntansi yang masih konservatif yang kurang efisien dan efektif
-
Kurangnya tenaga
professional dibidang akuntansi yang bisa menyebabkan penyusunan laporan
keungan yang kurang berkualitas.
-
Tidak adanya
pengendalian internal/ internal audit dalam perusahaan yang menyebabkan
lemahnya control internal terhadap perusahaan tersebut
-
Tidak adanya
pemisahan fungsi yang jelas antara kedua pemilik perusahaan yang bisa
menyebabkan adanya otoritas ganda.
-
System budgeting
masih kurang memadai untuk perusahaan dengan tingkat aktifitas yang cukup padat
-
Dewan direksi
belum cukup memadai
Dari beberapa permasalahan di atas maka kami
selaku auditor menyarankan beberapa hal yang harus menjadi perhatian utama
untuk perusahaan kedepannya agar manajemen perusahaan bisa lebih baik lagi antara lain :
1.
Menciptakan
pemisahan fungsi, sturktur manajemen serta tanggungjawab yang jelas antara
pemilik perusahaan.
2.
Merekrut tenaga
professional untuk bagian akuntansi, diharapkan bisa menyajikan laporan
keuangan dengan baik
3.
Menggunakan system
akuntansi yang lebih modern untuk menciptakan keefektifan dan keefisiensian
dalam penyusunan laporan keuangan
4.
Membuat system
pengendalian internal yang baik
Membenahi dewan direksi untuk menciptakan pengendalian
manajemen
Comments
Post a Comment