Financial AccountingTheory

I.    The Complexity of Information in financial Accounting Reporting
Lingkungan Akuntansi keuangan dan pelaporan akuntansi keuangan sangat kompleks dan sangat rumit. Dikatakan kompleks karena produk dari akuntansi adalah informasi, sedangkan informasi adalah suatu komoditi yang sangat penting dan memiiki kekuatan. Kompleksitas tersebut dipengaruhi oleh dua hal :
•    Tidak semua orang memiliki reaksi yang sama terhadap informasi. Ada investor yang bereaksi positif terhadap informasi karena informasi dianggap membantu dalam memprediksi kinerja perusahaan. Ada investor yang bereaksi kurang positif terhadap informasi karena informasi tidak bisa diandalkan atau karena informasi tersebut bersifat historis.
•    Informasi keuangan tidak hanya mempengaruhi keputusan individual, melainkan juga mempengaruhi operasi pasar, seperti pasar sekuritas dan pasar tenaga kerja. Operasi pasar yang tepat sangat diperlukan untuk efisiensi ekonomi.
Tantangan bagi seorang akuntan adalah bertahan dan berhasil dalam lingkungan yang rumit dan penuh tekanan dan kadang kala mendapatkan perlawanan dari kelompok yang memiliki perbedaan kepentingan dalam pelaporan keungan. selengkapnya


Comments