Manajemen
Berdasarkan Aktivitas
Manajemen berdasarkan aktivitas (Activity-Based Management)
merupakan suatu konsep yang mengarahkan perhatian pada konsumsi sumber daya
terhadap aktivitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan, sehingga untuk dapat
mengetahui bagaimana suatu perusahaan menggunakan sumber dayanya, maka terlebih
dahulu haruslah dipahami mengenai aktivitas-aktivitas apa sajakah yang telah terjadi
di dalam perusahaan tersebut. Aktivitas-aktivitas tersebut merupakan aktivitas
yang telah mengkonsumsi sumber daya melalui pengidentifikasian pemicu biayanya,
dimana biaya-biaya ini timbul karena dilaksanakannya aktivitas-aktivitas
tersebut.
Pengertian dan pemahaman yang baik mengenai berbagai aktivitas
yang telah dilaksanakan, akan dapat memberikan pandangan yang baik tentang
bagaimana menggunakan, mengelola, dan mengendalikan sumber daya perusahaan, dan
dapat pula digunakan untuk mengetahui peluang yang ada untuk meningkatkan
kinerja perusahaan serta memberi pedoman yang baik untuk menilai kinerja
tersebut dalam rangka untuk mendukung perbaikan berkesinambungan (continous
improvement).
Pengertian
Manajemen Berdasarkan Aktivitas
Activity
based management (manajemen berdasarkan aktivitas) merupakan pendekatan yang
terintegrasi yang memfokuskan perhatian manajemen pada aktivitas yang bertujuan
untuk meningkatkan nilai yang diterima oleh pelanggan (customer value) dan
meningkatkan laba perusahaan melalui penyediaan nilai pelanggan tersebut dengan
menggunakan informasi yang diperoleh dari activity-based costing system, dimana
antara ABM dengan ABC saling berkaitan satu sama lain. ABM dan ABC memiliki suatu ketrikatan yang sangat
kuat, dimana keputusan yang di ambil dari ABM itu berdasarkan pada informasi
yang diperoleh dari ABC. Informasi dari ABC membantu manajemen untuk
memposisikan perusahaan guna mengambil keuntungan yang lebih baik atas kekuatan
perusahaan. bersambung
Comments
Post a Comment