• RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Kamis, 01 Maret 2012

BISNIS DAN LINGKUNGAN POLITIK


BISNIS DAN LINGKUNGAN POLITIK


Bisnis tidak bisa lepas dari peraturan dan kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah di suatu Negara. aturan tersebut harus ditaati dan dijalankan demi kelangsungan usaha , untuk itu manajer harus mampu memahami situasi dan kondisi politik dan harus ikut serta aktif dalam proses kebijakan yang  dibuat oleh pemerintah. Mereka harus memastikan ikut terlibat langsung untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam mengambil keputusan. Peluang bisnis untuk ikut berpartisipasi dalam proses kebijakan  tiap Negara sangatlah berbeda-beda, tergantung seberapa besar Negara tersebut melibatkan bisnis untuk ikut serta dalam menentukan kebijakan yang sangat mempengaruhi ekonomi suatu Negara.
Di era modernisasi sekarang ini dengan semakin berkembangnya teknologi internet, maka orang semakin mudah untuk mengakses salinan digital film dan hiburan lainnya tanpa harus membayar royalty ke perusahaan dan artis, hal ini berdampak pada berkurangnya pendapatan perusahaan. Untuk itu peran manajer perusahaan sangat penting untuk mempengaruhi pemerintah dalam membuat peraturan atau undang-undang yang dapat melindungi hak dan kekayaan perusahaan, sehingga perusahaan tetap dapat  eksis dalam menjalankan bisnisnya.
Bisnis melihat dirinya sebagai penyeimbang kekuatan di arena politik sehingga mereka percaya tidak akan bisa bertahan jika tidak berperan aktif dalam politik. Tetapi ada yang tidak percaya bahwa keberadaan bisnis dapat mempengaruhi proses politik, dalam pandangan ini bisnis memiliki pengaruh yang tidak proporsional. Meskipun banyak perdebatan apakah bisnis dapat mempengaruhi lingkungan politik tetapi jika dilihat berdasarkan fakta di Negara-negara di dunia banyak yang memberi kesempatan bisnis terlibat langsung dalam diskusi politik, memperkenalkan dan memberikan kontribusi dalam pembuatan draf hukum dan peraturan yang sangat berpengaruh dalam kelancaran bisnis itu sendiri.

Hubungan kelompok dalam politik
banyak kelompok dan golongan yang mempunyai suara di politik dan sangat berpengaruh dalam pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. kelompok itu sering menggunakan taktik yang sama dalam bisnis untuk mempengaruhi pejabat pemerintah , hasil pemilu dan peraturan yang dibuat demi kepentingan kelompok tersebut.
Kegiatan koalisi politik
Bisnis dan kelompok yang berkepentingan tidak selalu bertindak sendiri dalam proses politik, tetapi sering ada dua atau lebih kelompok yang bergabung bersama-bersama untuk mengatur dan menentang undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah yang menurut kepentingan mereka berdampak negatif bagi perkembangan usahanya.

A.         PENGARUH BISNIS DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PEMERINTAH
a.       Strategi politik perusahaan
Strategi politik perusahaan adalah sebuah langkah yang diambil oleh organisasi untuk memperoleh, mengembangkan dan menggunakan kekuasaan untuk mendapatkan keuntungan, sebagai contoh mengubah atau tidak mengubah alokasi sumber daya tertentu dan dukungan pemerintah untuk sebuah proyek yang dilakukan oleh bisnis. Strategi ini bertujuan untuk menjaga kelangsungan ekonomi perusahaan, untuk menghalangi pesaing mereka dan untuk menggunakan hak mereka dalam mempengaruhi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Beberapa perusahaan pada dasarnya menunggu masalah kebijakan publik, untuk muncul sebelum membangun strategi dalam mengatasi masalah tersebut.
Sebagian besar perusahaan memahami pentingnya memiliki strategi politik perusahaan, yaitu apakah perusahaan memiliki sumber daya yang substansial untuk melobi para politisi atau hanya mencoba untuk bertemu politisi lokal di pertemuan komunitas. Semua perusahaan perlu memiliki tujuan yang jelas, pesan dan rencana untuk terlibat dalam lingkungan politik meskipun tidak jarang strategi terbaik kadang juga bisa menjadi gagal.
Strategi bisnis dalam mempengaruhi pemerintah adalah :
Informasi strategi :
a.       melobi
b.      Komunikasi langsung
c.       Mengambil informasi dari pakarnya
Keuangan – strategi imbalan
a.       Berkontribusi dalam politik
b.      Membangun ekonomi
c.       Bantuan konsultasi politik
d.      Perwakilan perusahaan dalam politik
Membangun strategi
a.       Koalisi stakeholder
b.      Dukungan iklan
c.       Hubungan masyarakat
d.      Tantangan hukum


B.         GERAKAN TAKTIK POLITIK
a.       mempromosikan informasi dan strategi
beberapa perusahaan mencoba mengejar strategi politik untuk mempengaruhi pembuat kebijakan pemerintah demi kepentingan kelancaran usaha mereka. Lobi adalah salah satu alat politik yang sering dipakai, tetapi beberapa perusahaan kadang juga menggunakan komunikasi secara langsung dengan pembuat kebijakan di pemerintahan untuk mempengaruhi peraturan dan undang-undang yang dibuat.
1.          melobi
melobi melibatkan hubungan langsung dengan pemerintah untuk mempengaruhi pemikiran dan tindakan tentang suatu masalah publik. Pelobi berkomunikasi untuk membujuk orang lain untuk mendukung kepentingan organisasi agar mereka mempertimbangkan regulasi, hukum dan peraturan.
2.          komunikasi langsung
bisnis juga dapat mempromosikan langsung strategi informasi melalui komunikasi langsung dengan pembuat kebijakan. bisnis sering mengundang pejabat pemerintah untuk mengunjungi tempat usaha untuk memberikan pidato kepada karyawan, menghadiri upacara penghargaan dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial perusahaan. Selain itu bisnis biasanya juga diundang dalam forum oleh pemerintah untuk memberikan informasi ekonomi yang berguna dalam pertimbangan yang di ambil untuk mengambil kebijakan publik, sehingga itu menjadi kesempatan para pebisnis untuk mengemukakan keinginan dan tujuannya.
3.          Mengambil informasi dari pakarnya
Sebuah metode yang umum memberikan infomasi kepada legislator untuk CEO dan excekutif untuk memberikan informasi di forum. bisnis mungkin dapat memberikan fakta-fakta dan alasan tertentu yang dapat mempengaruhi pemimpin pemerintah, salah satunya adalah dengan cara membantu kampanye atau dukungan politik.
b.       Promosi keuangan dalam strategi imbalan
   Bisnis mungkin dapat mempengaruhi pembuat kebijakan pemerintah dengan menyediakan insentif keuangan, yaitu dengan memberikan imbalan kepada pembuat peraturan dan undang-undang dengan harapan bisa membujuk untuk menitipkan kepentingan dalam peraturan yang dikeluarkan  oleh pemerintah.
1.          Komite aksi politik
Adalah Salah satu alat yang digunakan bisnis untuk membentuk dan berkontribusi ke komite politik secara hukum, karena berpidato secara langsung untuk mendukung salah satu calon kandidat penguasa tidak diperbolehkan. Perusahaan tidak boleh menyumbangkan dananya untuk kampanye melainkan harus memberikan sumbangan atas nama individu.
2.          Memperluas pengaruh ekonomi
Memperluas pengaruh ekonomi terjadi ketika bisnis menggunakan kekuatan ekonomi untuk mengancam pemerintah dalam mengambil kebijakan yang terkait dengan permasalahan bisnis, ancaman itu seperti meninggalkan kota atau sebuah Negara apabila kebijakan yang dikeluarkan sangat memberatkan bisnis dalam menjalankan usahanya. Dan cara-cara ini juga dapat digunakan untuk membujuk pemerintah untuk mendukung bisnis.

3.          Mempromosikan Strategi Membangun konstitusi
Strategi terakhir yang digunakan bisnis dalam mempengaruhi kebijakan politik adalah dengan cara mencari dukungan kepada orang, masyarakat atau organisasi yang kekuatan di politik. Seperti dukungan para stakeholder atau dengan cara lain yaitu menggunakan media periklanan dalam  mendukung kampanye politik sebagai bukti dukungannya bisnis kepada partai tertentu.
4.          Hubungan Masyarakat dan Asosiasi
Bisnis juga dapat mengambil keuntungan dari hubungan masyarakat dan publik mengenai isu-isu permasalahan politik, seperti komentar masalah politik untuk mengusulkan undang-undang atau peraturan yang memihak pada kepentingan bisnis.
5.          Tantangan hukum
Tantangan hukum adalah sebuah taktik politik bisnis, dalam pendekatan ini bisnis berusaha untuk menentang peraturan yang dibuat oleh pemerintah.

C.         TINGKAT PENGARUH POLITIK
eksekutif muda mungkin dapat mempengaruhi perusahaan dan pemangku kepentingan untuk mendorong mereka untuk meminta kepada pemegang saham untuk berkontribusi dalam politik. Sehingga para politikus tersebut dapat berkontribusi untuk kepentingan perusahaan. Teknik ini sering disebut dengan bandling.
Beberapa eksekutif muda sering dibebani tugas dengan menulis undang-undang yang akan diajukan ke pihak legeslatif agar supaya dapat mempengaruhi kebijakan yang dibuat agar peraturan tersebut tidak membatasi kesempatan bagi perusahaan untuk memperluas jangkauan bisn

0 komentar:

Poskan Komentar