• RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Selasa, 25 Desember 2012

Beberapa Pertanyaan Seputar Teori Akuntansi


1.      Jelaskan rerangka konseptual (conceptual framework) menurut saudara, dan sebutkan pula publikasi apa saja yang termasuk rerangka konseptual tersebut.
Jawab :
Definisi FASB, menyatakan bahwa kerangka konseptual akutansi adalah : suatu sistem yang koheren; sub-sub sistemnya adalah (1) tujuan (objectives) dan (2) Konsep fundamental yang saling terkait. Yang dimaksud tujuan adalah konsep-konsep yang mendasari akutansi keuangan, yakni yang menuntun kepada pemilihan trasaksi, kejadian, dan keadaan-keadaan yang harus dipertanggungjawabkan, pengakuan dan pengukurannya, cara meringkas serta mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Kerangka konseptual ini disusun oleh International Accounting Standard Committee (IASC). Kerangka inipulah yang kemudian diadopsi oleh Iakatan Akuntan di Indonesia yang digunakan sebagai dasar penyusuna laporan keuangan dan penyajian informasi akuntasi. Kerangka konseptual dapat dipandang sebagai teori akuntansi yang terstruktur (Belkauoui, 1993) karena pada dasarnya kerangka konseptual bertujuan untuk :
-          menyatakan ruang lingkup dan tujuan laporan keuangan,
-          mengidentifikasi dan mendefinisikan karakteristik informasi keuangan seperti relevansi, keandalan, komparatif dan mudah dipahami, selain itu kerangka konseptual juga membantu mengindentifikasi dan mendefinisikan elemen-elemen dasar akuntansi seperti aktiva, kewajiban, ekuitas, biaya, pendapatan dan keuntungan.
-          Menjelaskan terntang prinsip-prinsip dan aturan-aturan tentang pengukuran dan pengakukan elemen laporan keuangan dan tipe informasi yang perlu disajikan.
Publikasi yang termasuk rerangka konseptual adalah ASOBAT; SFAC no. 1, 2, 3, 5, 6  dan PSAK.
2.      Perkembangan teori akuntansi dapat dikelompokkan ke dalam teori akuntansi tradisional dan teori akuntansi positif. Jelaskan secara singkat dengan argumen yang mendukung.



0 komentar:

Poskan Komentar