18-19 Desentralisasi di MNC (TB4) case Latest Styles, Inc


18-19 Desentralisasi  di MNC  (TB4)
Latest  Styles, Inc. (LSI) memasok  sejumlah  pakaian  tertentu  ke beberapa  butik di New York.  LSI memprodriksi  pakaian  tersebut  di suatu  pabrik kecil milik  sendiri yang beroperasi di Nuevo Laredo, Meksiko. LSI  lebih  responsif  terhadap  kebutuhan  butik akan  perubahan model pakaian daripada produsen pakaian Asia  yang  pengirimannya membutuhkan  waktu  tiga puluh hari. Oleh karena  itu, beberapa  butik lain telah mendekati LSI sebagai pemasok  potensial. Victoria  Johnson, direktur  utama LSI, telah memutuskan  ekspansi akan diperlukan untuk memenuhi  permintaan  dari butik-butik  tambahan ini. Setelah  membahas  situdsi  tersebut  dengan  koleganya, Frank Corrigan  (pengawas LSI) dan Tom Conway  (manajer  produksi  dan pengiriman), disepakati  bahwa ekspansi sebaiknya dilakukan.  Karena  Victoria membuat  sebagian besar  keputusan yang  berkaitan dengan operasi  perusahaan  sehari-hari  dan bertanggung  jawab terhadap sebagian  besar proses perancangan,  Frank dan Tom khawatir  terhadap kemampuannya  mengelola  ekspansi perusahaan  dalam  waktu  bersamaan. Mereka mengemukakan kekhawatiran  ini dalam suatu pertemuan  dengan  Victoria  yang mengakui  beban kerja  tambahan  yang  dihasilkan  dari rencana  ekspansi  terlalu berat untuk ditanganinya. Oleh karena  itu, ia  telah memutuskan untuk mendelegasikan sebagian penambahan  fungsi  tersebut  kepada Frank dan Tom. Selama  pembahasan-pembahasan  tersebut,  Victoria menambahkan bahwa  ia sedang mempertimbangkan  ekspansi  lebih  lanjut untuk meningkatkan rentang  jenis pakaian  yang diproduksi  dan memasok butik-butik di Philadephia  dan Boston. Hal itu dilakukan dengan  memperhatikan  negosiasi  antara pemerintah Meksiko dan AS untuk mendirikan  zona perdagangan  bebas Amerika Utara.  Jadi,  ia sedang mempertimbangkan  untuk mendesentralisasi  bisnis mereka  lebih  jauh  lagi karena ekspansi  operasi  di Meksiko,  peningkatan  lini produk, pemasokan dua wilayah  baru membutuhkan partisipasi aktif, serta manajemen operasional  di berbagai  lokasi  ini harus  tetap  tanggap  terhadap kebutuhan persediaan  dan perbedaan  tren pakaian lokal. Frank  dan Tom mampu menangani  tugas-tugas  operasional  tersebur  meskipun mereka nantinya perlu mempekeriakan manajer  baru untuk membantu mereka dalam  ekspansi dan desentralisasi.

Diminta
1. Desentralisasi  adalah  keadaan  di mana wewenang  dan otoritas  didelegasikan secara  sistematis  dalam  suatu  organisasi.
a)      Diskusikanlah  faktor-faktor  yang secara umum menentukan  tderajat desentralisasi  dalam  suatu organisasi!
b)      Jelaskanlah  beberapa  manfaat  yang secara umum  diperoleh  perusahaan dari desentralisasi!
c)       Diskuiikanlah  beberapa kelemahan  desentralisasi  bagi  suatu organisasi!
2. Bagaimana NAFTA mempengaruhi keputusan Victoria Johnson ?

Hasil diskusi
·         Desentralisasi  adalah  keadaan  di mana wewenang  dan otoritas  didelegasikan secara  sistematis  dalam  suatu  organisasi.
1.       Suatu masalah sulit dihadapi setiap controller adalah yang menyangkut  sejauh mana dia dapat mendelegasikan tanggung jawab dan kewenangannya. Dia dibebani tanggung jawab dengan banyak tugas, sehingga dia tidak mungkin memberikan perhatian secara pribadi terhadap keseluruhannya. Oleh karena itu dia harus melimpahkan kewenangan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu dan melimpahkan dan melimpahkan tanggung jawab untuk pelaksanaannya, meskipun pada akhirnya controller harus tetap memikul tangung jawab tersebut. Ada beberapa faktor yang secara umum menentukan tingkat derajat desentralisasi dalam suatu organisasi
a.       Filasafat manajemen. Ada sebagian manajer yang otokrataik dan menginginkan pengawasan pusat yang kuat
b.      Ukuran dan tingkat pertumbuhan organisasi. Bila semua keputusan dipegang ole manajemen puncak, maka organisasi tidak mungkin dapat berjalan secara efisien dan efektif, karena bila ada masalah mendesak harus lewat manajer puncak yang tentunya memakan waktu yang lama
c.       Strategi dan lingkungan organisasi. Faktor ini sangat penting sekali dalam menentukan bentuk yang akan diambil, yang selanjutnya akan mempengaruhi derajat desentralisasi.
d.      Penyebaran geografis organisasi. Semakin menyebar geografis cenderung organisasi menggunakan desentralisasi, karena keputusan yang akan diambil lebi baik bila sesuai dengan lingkungan yang dihadapi
e.      Tersedia peralatan pengawasa yag efektif. Bila peralatan yang tersedia berkurang organisasi cenderung menggunakan sistem sentralisasi, karena sulit untuk memonitor semua kegiatan yang diasilkan
f.        Keanekaragaman produk dan jasa. Semakin banyak jenis dan macam produk cenderung untuk menggunakan system desentralisasi, sebaliknya jika semakin tidak beraneka produk yang dihasilkan cenderung mengunakan sentralisasi.
g.       Karasteristik organisasi lainnya. Tergantung pada masing-masing organisasi yang berhubungan dengan pembuatan keputusan, biaya dan lain sebagainya
h.      Kualitas manajer. Desentralisasi memerlukan lebih banyak manajer-manajeryang berkualitas, sebab arus memutuskan dan mengambil keputusan sendiri.
2.       Keuntungan-keuntungan dari proses desentralisasi dapat di tunjukkan sebagai berikut :
a.       Dilihat dari segi psikologis, desentralisai cenderung menaikkan inisiatif pimpinan setempat.
b.      Pengorganisasian data secara lokal mencegah untuk bersifat pasif atau bekerja kurang baik
c.       Dalam keadaan biasa dapat dicapai hasil-hasi yang lebih cepat dan ini akan berguna bagi pengendalian biaya yang lebih ketat.
d.      Desentralisasi bukan berarti menolak adanya kesatuan dan juga keseragaman. Ia memberikan fleksibilitas dan tetap memungkinkan diterapkan praktek dan kebijaksanaan akuntansi melalui penggunaan formulir standar dan pedoman praktis yang standar.
e.      Para manajer tingkat bawah memiliki informasi yang terbaik mengenai keadaan-keadaan lingkungannya, sehingga dengan begitu dapat mengambil keputusan yang lebih baik dari pada atasannya
f.        Para manajer mendapatkan kemampuan untuk mengambil keputusan dan keterampilan yang lain yang pada akhirnya akan membantu kenaikan promosi mereka dalam organisasi itu.
g.       Para manajer merasakan mendapatkan status yang lebih tinggi karena mendapatkan kebebasan itu, sehingga dengan demikian mendapatkan motivasi yang lebih besar.
h.      Manajemen puncak dapat berkonsentrasi pada strategi dan pembuatan keputusan kerja
i.         Sulit untuk mengevaluasi presentasi seorang manajer apabila tidak diberi banyak kebebasam
3.       Desentralisasi tidak hanya memberikan manfaat bagi suatu organisasi, disamping itu juga terdapat beberapa kerugian organisasi atau perusahaan yang melakukan desentralisasi antara lain :
a.       Para manajer mungkin mengambil keputusan yang merupakan penyelewengan dari fungsinya dengan memusatkan dan bertindak untuk meningkatkan kerja sub-unitnya sendiri dengan merugikan organisasi, atau dengan tidak menyadari seluruh kenyataan-kenyataan  yang relevan yang terjadi di organisasi.
b.      Dapat terjadi kurangnya koordinasi antar manajer
c.       Para manajer cenderung melakukan duplikasi (meniru) tugas-tugas pusat yang mungkin lebih murah bila dipusatkan (misalnya : akuntansi, iklan, dan personalia): dan
d.      Biaya untuk mengumpulkan dan memproses informasi sering mengalami kenaikan. Contoh paling akir adalah laporan-laporan akuntansi pertanggung jawaban yang merupakan penyeimbang yang diperlukan karena adanya pelimpaan kebebasan dalam mengambil keputusan. Conto lain adalah waktu yang sering digunakan para manajer unit-unti yang lei kecil dalam merundingkan harga barang dan jasa yang ditransfer dari bagian yang satu ke bagian yang lain dalam perusaaan yang sama.
e.      Dalam organisasi yang terdesentralisasi, agak sulit untuk menebarkan gagasan inovatif secara efektif
·         NAFTA dan keputusan Victoria Johnson.
NAFTA (North American Free Trade Agreement) atau Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara adalah sebuah organisasi yang terdiri dari negara-negara Amerika Utara. Organisasi ini didirikan pada 1994 oleh tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. yang akan fasa semua tarif selama 15 tahun. Pada tahun 1994, Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) mulai berlaku, menciptakan salah satu zona terbesar di dunia perdagangan bebas dan meletakkan dasar bagi pertumbuhan ekonomi yang kuat dan meningkatnya kesejahteraan untuk Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.
Dengan adanya NAFTA ini memberikan peluang dan memudahkan kepada pengusaha-pengusaha di negara-negara bagian Amerika Utara untuk melakukan ekspansi usaha. Victoria Jhonson direktur utama Latest  Styles, Inc. (LSI) yang berlokasi di Meksiko meliat peluang pasar bebas ini dan berencana melakukan ekspansi usaha ke Philadephia dan Boston. Rencana Victoria untuk mendesentralisasikan ekspansi usaha mereka sudah akurat, karena melihat dari beberapa keuntungan yang akan diperloeh dari proses desentralisasi dan kondisi perusahaan yang berada ditempat atau di negara yang berbeda. Keputusan untuk mempekerjakan manajer-manajer lokal juga akan sangat membantu dalam ekspansi usaha diluar negri yang akan memberikan banyak keuntungan bagi LSI, manajer lokal sering berada dalam posisi yang menguntungkan  dalam membuat keputusan. Desentralisasi memungkinkan suatu organisasi memperoleh manfaat dari pengetahuan istemewa ini, bila LSI mempekerjakan manajer lokal dalam menjalangkan divisi mereka terutama dalam hal menentukan harga dan pemasaran dibawa kendali manajer lokal. Bahasa tidak menjadi masalah karena para manajer lokal menguasainya. Mereka juga memahami kebiasaan dan hukum di lingkungan operasinya. Para manajer lokal MNC mampu memberikan respon lebih cepat dalam pengambilan keputusan. Mereka lebih cepat menanggapi diskon dari pelanggang, tuntunan perintah lokal, dan perubaan iklim politik.

Comments

Post a Comment