17-18 PENILAIAN SIKLUS HIDUP
Tomas
Manufacturing memproduksi komponen mobil yang digunakan dalam perakitan mobil.
Salah satu devisinya membuat bagian depan mobil. Saat ini divisi tersebut
sedang mempertimbangkan dua jenis desain : menggunakan baja galvanis atau
komposit polimer. Kedua produk sama-sama tahan lama. Isu utama yang
dipertimbangkan adalah pengaruh lingkungan dari desain tersebut.
|
polimer
|
Baja
galvanis
|
Bahan baku
Bahan
baku asli (pon)
Sisa
produksi yang digunakan kembali (pon)
Energi
selama produksi (kwh/pon)
Selama penggunaan produk (pon
bahan bakar yang digunakanper tahun
per unit)
Pencemar :
Residu gas (pon per unit)
Residu padat (pon per unit)
Potensi daur ulang :
Pembakaran (pon)
Jumlah yang dibuang ke tanah (pon)
Didaur ulang (pon)
|
8
1
15
66
0,4
0,6
7,0
1,0
----
|
14
6
10
110
0,2
2,0
----
0,5
8,5
|
Informasi keuangan
Biaya per pon bahan baku $ 30,00 $ 15,00
Biaya per kwh
0,50 0,50
Biaya per pon bahan bakar 0,70 0,70
Biaya per pon residu gas 100,00 100,00
Biaya per pon residu padat 40,00 50,00
Keuntungan pembakaran per unit 2,00 -----
Keuntungan dauar ulang per unit ---- 20,00
Analisi Kasus
1. Baja galvanis terbuat dari biji besi
yang diproses lebih lanjut dan kemudian menghasilkan galvanis, Galvanis adalah
istilah untuk baja ringan yang diberi lapisan seng (zinc). Untuk galvanis
finishingnya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zink dan 2% adalah
unsur alumunium baja ringan yang diberi lapisan seng (zinc).. Sedangkan
komposit polimer diperoleh dari hasil
pengolahan minyak bumi. Kedua bahan dasar desain yang ingin digunakan Tomas
Manufacturing ini berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
Akan tetapi dari analisis, baja galvanis menyerap bahan bakar yang cukup tinggi
dalam proses pengolahan. Tingkat pencemaran yang dihasilkan dari baja
galvanis cukup tinggi dibanding
pencemaran yang dihasilkan dari Polimer. baja galvanis lebih memungkin untuk di
daur ulang kembali sedangkan untuk Polimer tidak memiliki potensi daur ulang
lagi.
2. Biaya lingkungan
Polimer baja galvanis
Biaya bahan baku $
30,00 $ 15,00
Utilitas 1,20 1,20
Sumber daya yang berhub, dgn limbah 140,00 150,00
Total biaya privar $ 171,20 $ 166,20
Keuntungan daur ulang (
2,00 ) (
20,00)
biaya lingkungan per
unit $ 169,20 $
146,20
informasi ini menyajikan secara ringkas mengenai jumlah biaya
yang dikelurakan oleh Tomas Manufacturing untuk memproduksi komponen mobilnya.
3. Penggunaan produk dan kaitannya
dengan penilaian kinerja lingkungan. Produk dan proses merupakan sumber-sumber
biaya lingkungan. Proses memproduksi akan menghasilkan residu padat, cair dan gas yang kemudian
dilepas ke lingkungan. Residu ini memiliki potensi-potensi mendegradasi
lingkungan, yang dapat menyebabkan biaya kegagalan lingkungan internal dan
eksternal. Biaya lingkungan dari proses
yang memproduksi, memasarkan, serta mengirimkan produk dan biaya lingkungan
pascapembelian yang disebabkan oleh penggunaan dan pembuangan produk merupakan
contoh biaya produk lingkungan.
4. Rekomendasi untuk Thomas
manufacturing.
Thomas manufacturing harus melakukan analsis yang mendalam
mengenai aktivitas lingkungan, hal ini sangat penting untuk sistem pengendalian
yang baik. Dengan analisa yang baik Tomas manufacturing bisa menekan biaya
lingkungan yang dihasilkan oleh perusahaan, seperti dalam kasus diatas,
penggunaan baja galvanis memberikan biaya lingkungan yang lebih sedikit
dibanding polimer, karena adanya keuntungan daur ulang yang bisa diperoleh dari
pengolaan baja galvanis.
terimakasih atas informasinya, noleh saya minta tolong bantuannya untuk soal 17-9?
ReplyDeleteShina, Bali
wahh, maaf saya sudah tidak punya bukunya.
Deletecoba kirim soalnya ke email saya, nanti saya usahakan